Minggu, Mei 27

DPM UII Ingatkan Pentingnya Kerja Sama Antar Lembaga

0

Himmah Online, Kampus Tepadu Ketua Dewan Permusyawaratan Universitas Islam Indonesia (DPM UII) terpilih, M. Mazhar Amin, mengungkapkan bahwa DPM UII akan merevitalisasi peran dan fungsi Keluarga Mahasiswa UII (KM UII) dalam proses pembinaan mahasiswa UII. Hal ini, katanya, dilakukan sebagai bentuk kontribusi KM UII dalam membentuk insan Ulil Albab yang berguna bagi masyarakat.

Proses ini dilakukan melalui sistem kelembagaan yang berdasarkan semangat Islam Rahmatan Lil Alamin,” ungkapnya.

Untuk mewujudkan hal itu, lanjut Mazhar, perlu adanya kerjasama antar lembaga kemahasiswaan yang ada internal maupun eksternal di KM UII. “Harapannya kedepan kita ber-Bhinneka Tunggal Ika. Satu UII untuk Indonesia yang lebih maju.”

Pandangan itu Ia ungkapkan pada sambutannya di acara serah terima jabatan DPM UII 2017/2018, Rabu, 28 Desember 2017. Acara yang diadakan di auditorium Kahar Muzakkir, kampus terpadu UII tersebut, turut dihadiri Rektor dan Wakil Rektor III Bidang Kemahasiswaan, serta lembaga-lembaga internal maupun eksternal KM UII.

Pada sambutannya, Mazhar juga berharap seluruh mahasiswa UII turut berkontribusi dalam proses revitalisasi yang akan dilakukan DPM UII. “Jika kalian kecewa terhadap KM UII, jangan malah menjadi apatis. Tapi ubahlah hal-hal yang menurut kalian perlu diubah dengan cara turun langsung ke dalam lembaga kemahasiswaan tersebut,” katanya.

Tak hanya itu, Mazhar juga mengungkapkan bahwa Ia dan jajarannya akan menjalin komunikasi dengan Rektorat. Hubungan yang baik antar dua lembaga tersebut, katanya, dilakukan demi kelancaran kegiatan-kegiatan kemahasiswaan yang ada di lingkup KM UII.

Sebelum melakukan perbaikan di lembaga tiap fakultas, DPM UII akan terlebih dahulu menjalin hubungan baik dengan pihak rektorat,” ungkap Mazhar.

Terkait hubungan antara KM UII dan Rektorat, Mazhar mengomentari bahwa beberapa tahun ke belakang, hubungan antara pihak rektorat dan KM UII sedikit renggang. “Selama ini DPM UII memang berkoordinasi dengan pihak rektorat. Tapi hanya dengan WR III. Pada periode ini kami juga akan mulai berkoordinasi secara langsung dengan rektor,ungkap Mazhar.

Rektor UII, Nandang Sutrisno, yang pada acara ini juga memberikan sambutan, satu pandangan dengan Mazhar bahwa bahwa kerjasama antara Rektorat dan DPM UII perlu ditingkatkan.

Saya sudah menyampaikan kepada ketua DPM UII yang baru bahwa komunikasi dengan rektorat bukan hanya dengan WR III, tapi juga langsung dengan rektor,katanya.

Selain itu, Nandang juga berharap DPM UII yang baru dilantik tersebut mampu mengawal aktifitas-aktifitas eksternal mahasiswa. Adapun aktifitas eksternal yang dimaksud adalah menjalankan peran mahasiswa di masyarakat dengan tanggap terhadap isu-isu kebangsaan yang sedang terjadi. “Respon DPM UII ini,” lanjut Nandang, “Tidak hanya di level pemerintahan daerah. Namun juga nasional.”

%d blogger menyukai ini: