Minggu, Mei 27

TENTANG KAMI

Lembaga Pers Mahasiswa HIMMAH merupakan salah satu lembaga khusus di bawah naungan Keluarga Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (KM UII). HIMMAH berdiri pada 11 Maret 1967 dengan nama awal Muhibbah. Pada tahun 1982, Muhibbah dibredel oleh rezim orde baru. Setelahnya Muhibbah berganti nama menjadi HIMMAH.

Kerangka gerakan HIMMAH adalah bangunan paradigmatik hasil proses dialektika yang menyandarkan diri pada nilai-nilai Islam, yaitu nilai-nilai universal yang membebaskan, menjadi pembebasan manusia. Islam sebagai agama yang tidak menempatkan ajaran an sich teks ajaran, melainkan teks sebagai manifestasi dari kekuatan yang serba Maha.

Pendekatan ke-Islaman yang diterapkan HIMMAH adalah model pendekatan Islam universal, dengan lebih menekankan pada inti sari ajaran Islam. Tidak terjebak ke dalam simbol-simbol ke-Islaman yang memandang Islam sebatas kulit luar, sebatas berbicara dalam tataran normatif, tanpa kedalaman esensi. Artinya HIMMAH tidak menempatkan dirinya seperti halnya produk jurnalistik keagamaan, tetapi sebagai produk jurnalistik sosial religius.

Adapun fungsi yang harus dimainkan HIMMAH adalah fungsi edukatif, kritikal, evaluatif, dengan framework yang mencerminkan nilai-nilai Islam sebagai agama kemanusiaan yaitu yang tinggi dan mutlak bagi kemanusiaan. Fungsi itu secara garis besar dapat disimpulkan sebagai amar ma’ruf nahi munkar. Inilah idealisme jurnalistik HIMMAH.


STRUKTUR KELEMBAGAAN

Pemimpin Umum: Didik Firmansyah

Sekretaris Umum: Dinda T. Lestari

Bendahara Umum: Fatimah Intan K.

Jaringan Kerja: I. P. Indah Yulianti, M. R. Rosi Mahardika, Ahmad Sarjun

Perusahaan 24,1: Dyan Agung, Dhia Ananta, M Multazam, Khusnun Mufida, Zidta Okta R.

Pengembangan Sumber Daya Manusia: Nalendra Ezra, Ridwan Fariz M.

 

REDAKSI

Pemimpin Redaksi: Nurcholis Maarif

Sekretaris Redaksi: Niken Caesanda R.

Redaktur Pelaksana: Hana Maulina S.

Redaktur Naskah: Regita Amalia C., Dian M. Gibran, Audy M. Lanta, Fitriana Ramadhani Staf Redaksi: Armarizki Khoirunnisa D., Anindha Pratiwi, Liu Nashrul F.

Redaktur Penelitian dan Pustaka (Pelita): Tengku Irfan M. Staf Pelita: Ardi Prayudha, Reynaldha Adhikarsha, Fitri Asih H., Faridatul Ariani

Redaktur Fotografi: M Billy Hanggara Staf Fotografi: Thesa Putri W., Sonny Saputra, Farid Hidayat, Hilmi Fahrul, Anggah, Salma Dyah P

Redaktur Artistik: M. Nadhif Fuadi Staf Rancang Grafis: Yuniar Nurfitrya, Alief Rohman, Sri Astuti, Reza Maulana P, Salsabila Ade K.

 


ALAMAT

Jalan Cik Ditiro No. 1 Yogyakarta. Kampus Pascasarjana Fakultas Hukum Universitas Islam Indonesia. Kantor LPM HIMMAH UII.


KONTAK

Email Redaksi: redaksi.himmah@gmail.com

Email Organisasi: lpmhimmah@gmail.com

%d blogger menyukai ini: