50 Tahun Perjalanan, Mapala UNISI Pertemukan Seluruh Generasi

Himmah Online – Mahasiswa Pecinta Alam Universitas Islam Indonesia (Mapala UNISI), merayakan ulang tahunnya yang ke-50 dengan menyelenggarakan rangkaian acara bertemakan “DIES NATALIS 50 TAHUN MAPALA UNISI 2024”. Puncak dari rangkaian acara tersebut bertempat di Bumi Perkemahan Wonogondang, Cangkringan, Sleman, Yogyakarta pada Sabtu (6/7).

Rangkaian acara Dies Natalis tahun ini berbeda dari tahun sebelumnya. Selain dihadiri oleh pengurus dan tamu undangan, acara ini juga diramaikan oleh anggota terdahulu dari seluruh Indonesia bahkan dihadiri juga oleh M. Hendarsin, salah satu pendiri Mapala UNISI.

Chandra Adi Wijaya (23), ketua Mapala UNISI, menjelaskan bahwa acara ini menjadi ajang reuni bagi seluruh anggota dari generasi awal terbentuknya Mapala UNISI hingga generasi pengurus yang kini masih menjabat.

“Teman-teman dari 2400 anggota seluruh Indonesia itu hadir. Bahkan tadi (anggota Mapala) dari Jambi pun hadir,” jelas Chandra.

Gustyarga Rizqullah (18), ketua pelaksana Dies Natalis ke-50, menjelaskan bahwa, Sabtu menjadi puncak rangkaian acara Dies Natalis tahun ini, yang sudah berjalan selama tiga hari sedari Jumat (5/7). Pembukaan acara diisi dengan sambutan dan pemotongan tumpeng. Puncak acara adalah penampilan dari sejumlah bintang tamu, diantaranya, Kosmik UII, Rienda Dance Production, dan Ded & Friends. Acara ditutup pada pagi keesokan harinya.

“Ini acara puncaknya, minggu udah acara penutup,” jelas Gustyarga.

Rofiq El Rois, anggota mapala UNISI angkatan tahun 1982, mengungkapkan walaupun diadakan setiap tahun, Dies Natalis kali ini merupakan momen istimewa. Rofiq menganggap 50 tahun Mapala Unisi menjadi tahun emas bagi anggotanya, karena tidak semua generasi mempunyai kesempatan untuk bertemu kembali pada momen kebersamaan seperti ini dalam 50 tahun yang akan datang.

“Anggaplah ini bisa berkumpul, dari senior yang angkatan 1974 sampai 2024 ada semua, jadi ngumpul,” ungkap Rofiq.

Al May Hilmy (24), anggota Mapala Unisi angkatan tahun 2019, mengungkapkan Dies Natalis ke-50 lebih besar dan meriah dari acara ulang tahun mapala di tahun-tahun sebelumnya. “Sejauh ini, ini acara terbesar alumni yang pernah aku ikuti,“ ungkap Hilmy.

Hilmy menambahkan, Dies Natalis ke-50 ini merupakan momen penting untuk anggota Mapala UNISI. Oleh karena itu, panitia mempersiapkan acara yang lebih megah dari tahun-tahun sebelumnya.

“Dari aku pribadi, Dies Natalis ini memperingati deklarasi kelahiran kita (Mapala UNISI),” jelas Hilmy.

Rofiq berharap agar kedepannya pengurus mapala UNISI bisa terus menjaga tali silaturahmi dengan anggota-anggota yang pernah menjabat sebelumnya. “Jangan sampai (hubungan) antara senior dengan junior ini terputus,” pungkas Rofiq.

Reporter: Himmah/Agil Hafiz, Septi Afifah, Magang Himmah/Mochamad Farhan Mumtaz

Editor: Ayu Salma Zoraida Kalman

Tulisan ini merupakan tulisan advertorial

Skip to content