Sebagai Inovasi, Panitia PESTA Hadirkan Tenda Tahun Ini

Himmah Online – Pelaksanaan Pesona Ta’aruf (PESTA) 2024 yang berlangsung pada Rabu (9/4), mengalami perbedaan dari tahun-tahun sebelumnya. Pada tahun ini, PESTA menghadirkan tenda untuk mengakomodir mahasiswa baru (maba). Tenda tersebut berada di depan selasar Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Fakultas Kedokteran dan di depan Masjid Ulil Albab, Universitas Islam Indonesia (UII).

Bagaskara Mahendra selaku Koordinator divisi dekorasi dan perlengkapan (Dekpan) mengungkapkan, penggunaan tenda pada PESTA 2024 merupakan hasil evaluasi dari tahun sebelumnya dengan tujuan untuk melindungi maba dari cuaca panas dan mengantisipasi maba yang jatuh sakit. 

“Kebetulan (tahun lalu) saya juga menjadi staf dari divisi dekpan. Dari tahun lalu itu banyak korban maba-maba yang jatuh sakit karena faktor kepanasan dan kecapekan, dan mungkin untuk yang di tahun ini Alhamdulillah kita sudah (dapat) memitigasi korban,” ungkap Bagaskara.

Namun terdapat kendala dalam pengadaan tenda. M. Rayhan, Koordinator Komisi A, Steering Committee (SC), menjelaskan, maba-miba merasakan pengap dan panas karena jumlah kipas juga terbatas.

“Yang menjadi tantangan terbesar itu tadi, kita kan masih di tahun ini pertama, baru ya. Nah kita belum tahu titik panas di dalam itu gimana. Nah ternyata di tengah itu ternyata pengap, panas. Kita berinisiasi lagi untuk menyediakan kipas tambahan,” jelas M. Rayhan Davha.

Shafira Tiara, Koordinator Kesehatan menjelaskan adanya tenda terbukti dapat mengurangi maba yang jatuh sakit akibat terpapar cuaca panas. “Sebenarnya menurutku berkurang, tapi kalau ditanya ada atau enggaknya, ada,” jelas Shafira Tiara.

Sedangkan dari mahasiswa dan mahasiswi baru sendiri, penggunaan tenda berdampak baik dalam keberlangsungan PESTA tetapi terdapat juga kekurangannya. Menurut Alex, tenda yang tersedia kurang lebar. Sedangkan mahasiswa yang bernaung di bawah tenda cukup banyak. 

“Jadi adanya tenda ini membantu kita untuk lebih sejuk lagi. Tetapi kemungkinan kalau menurut saya kurang lebih lebar karena maba PESTA sangat banyak,” pungkas Alex Aliander.

Reporter: Himmah/Sofwan Fajar, Putri Cahyanti, Magang Himmah/Sri Wahyuni, Muhammad Beltsazar Rosaldi

Editor: Ayu Salma Zoraida Kalman

Skip to content