Clean Up Day

Clean Up Day, merupakan aksi bersih-bersih sampah di Embung Langensari dan penyuluhan tentang pengelolaan sampah. Sekaligus untuk menyadarkan warga Yogyakarta agar lebih peduli terhadap lingkungan Ruang Terbuka Hijau (RTH), khususnya Embung Langensari. kegiatan tersebut diselenggarakan oleh Aliansi Komunitas Lingkungan Yogyakarta pada hari Minggu (22/10), diikuti oleh sekitar 20 komunitas dan sejumlah relawan. Bersih-bersih sampah dilakukan di tiga area yaitu area sebelah timur, barat, dan pinggiran embung. Pemungutan sampah dipisah berdasarkan jenisnya yaitu jenis organik dan sampah plastik. Pada jenis sampah plastik, sampah didata dari segi merk produk kemasan. Juga asal usul plastiknya, seperti konsumsi dari rumah tangga. Data yang sudah didapat dari aliansi ini akan dijadikan sebagai langkah awal untuk aksi selanjutnya terkait sampah dan untuk advokasi ke pihak terkait jika diperlukan.

Dari tahun ke tahun peningkatan penduduk semakin meningkat, begitu juga permintaan lahan untuk pembangunan akan terus bertambah. RTH akan semakin berkurang jika pembangunan yang terus bertambah tidak terkendali dan tidak dimanfaatkan. Embung Langensari, adalah salah satu RTH yang pemanfaatannya kurang maksimal karena masih dalam proses pembenahan. Keberadaan RTH sangat penting untuk dirawat karena dalam pemanfaatannya dapat digunakan untuk rekreasi dan olahraga. Potensi yang ada di Embung Langensari harus dimaksimalkan agar warga Yogyakarta lebih sadar terhadap lingkungan, terutama RTH di lingkungannya.

Kini, tinggal bagaimana peran pemerintah dan warga Yogyakarta dalam menyadari akan pentingnya RTH. Peran serta pemerintah dan warga sangat diperlukan untuk menjaga dan merawat RTH. Dari segi pemanfaatan maupun segi kebersihannya agar dapat dimanfaatkan secara maksimal.

 

Baca juga

Gawai yang Merubah

Pasar di Kala Pandemi

Terbaru