Dataran Tinggi Dieng Gempa, Kunjungan Wisatawan Menurun

Sleman, Himmah Online

Oleh: Moch. Ari Nasichuddin

Akibatnya gempa yang terjadi pada Jum’at (19/4/2013) malam, kunjungan wisatawan ke Kawasan Wisata Dataran Tinggi (KWDT) Dieng turun sekita 25 persen.

Menurut Aziz Achmad, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Dinbudpar) Banjarnegara, seperti dikutip dari laman kompas.com, penurunan tersebut tidak terlalu signifikan. Penyebab penurunan adalah pembatalan wisatawan yang merencanakan kunjungan pada Sabtu (20/04/13) dan Minggu (21/04/13) setelah mendengar gempa di Dieng. Tetapi wisatawan yang berkunjungan pada hari Jum’at (19/04/13) tetap tenang meskipun gempa.

“Bahkan KWDT Dieng yang sebagian besar berada di Desa Dieng Kulon, Kecamatan Batur, justru aman dari gempa,” tuturnya kepada kompas.com

Aziz mengatakan saat ini para pengungsi di Desa Dieng Kulon sudah kembali ke rumah masing-masing. Pihaknya terus berusaha menginformasikan kepada calon wisatawan bahwa KWDT DIeng tetap aman dikunjungi meskipun statusnya masih siaga. Menurutnya kawah timbang bukan daerah tujuan wisata dan lokasinya jauh dari KWDT Dieng.

Skip to content