Jawa Tengah Diterjang Banjir Rob Terbesar dalam 10 Tahun Terakhir

Himmah Online, Yogyakarta – Banjir rob akhir-akhir ini kembali melanda Pantai Utara (Pantura) Provinsi Jawa Tengah. Koalisi Maleh Dadi Segoro (MDS) telah merilis laporan investigasi atas banjir rob yang terjadi pada 23-25 Mei 2022 lalu. Dijelaskan, Koalisi MDS menyebut terdapat 12 kabupaten/kota dengan 116 desa/kelurahan di Jawa Tengah terdampak banjir rob dalam rentang tiga hari.

Jumlah tersebut disumbang oleh Kabupaten Brebes; Kabupaten Tegal; Kota Tegal; Kabupaten Pemalang; Kabupaten Pekalongan; Kota Pekalongan; Kabupaten Batang; Kabupaten Kendal; Kota Semarang; Kabupaten Demak; Kabupaten Jepara; dan Kabupaten Pati.

Koalisi MDS menjelaskan bahwa banjir rob yang menerjang 12 kabupaten/kota di Jawa Tengah ini menjadi banjir rob terbesar dalam 10 tahun terakhir. Terdapat dua alasan: pertama, ketinggian air mencapai yang tertinggi dari banjir rob sebelumnya. Kedua, cakupan daerah yang terkena banjir rob saat ini terluas dibanding banjir rob sebelumnya. 

Rentang ketinggian banjir rob tersebut tercatat 10-210 cm. Kelurahan Bandarharjo dan Tanjung Mas di Kota Semarang menjadi dua daerah yang mengalami ketinggian banjir rob tertinggi bahkan mencapai di atas 200 cm.

Selain di Kota Semarang, kabupaten/kota yang mengalami banjir rob cukup tinggi adalah Kabupaten Tegal, Kabupaten Pemalang, Kabupaten Kendal, dan Kabupaten Demak dengan tinggi banjir rob mencapai 100 cm. 

Lebih lanjut, di antara 12 kabupaten/kota yang terdampak, Kabupaten Pati menjadi kabupaten dengan desa terdampak banjir rob terbanyak, yakni mencapai 20 desa. Sedang Kabupaten Tegal menjadi yang paling sedikit dengan dua desa.

Berbeda dari data milik MDS yang menyebutkan ada 116 desa/kelurahan yang terdampak banjir rob, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pada 24 Mei 2022 justru menuturkan setidaknya ada 74 desa/kelurahan yang diterjang banjir rob.

Jumlah tersebut disumbang oleh 13 kabupaten/kota di Pantai Utara (Pantura) Jawa, yakni Kabupaten Brebes; Kabupaten Tegal; Kota Tegal; Kabupaten Pemalang; Kabupaten Pekalongan; Kota Pekalongan; Kabupaten Batang; Kabupaten Kendal; Kota Semarang; Kabupaten Demak; Kabupaten Jepara; Kabupaten Pati; dan Kabupaten Rembang.

Reporter: Himmah/Hendra Robby Muhamad Awaludin

Visualisasi Data: Himmah/Fathoni Abdul Mukti

Editor: Nadia Tisha Nathania Putri

Podcast

Skip to content