FMIPA Memperingati Hari Batik Nasional

Oleh: M. Nasihun Ulwan

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (LEM FMIPA) menggelar acara peringatan Hari Batik Nasional dengan membuka stand batik di Bapon (Bawah Pohon-red). Acara ini diselenggarakan di Bapon mengingat sebentar lagi tempat itu akan digusur.

Ditemui di kantor LEM FMIPA, Jatmika Rahmawati Yuwana selaku Koordinator Departemen PSDM menjelaskan bahwa acara yang mengusung tema “Ukir Cintamu pada Batik Indonesia” ini dilakukan guna mengenang sekaligus memperingati Hari Batik Nasional dimana pada 2 September kemarin, mahasiswa FMIPA dianjurkan untuk mengenakan batik.

Acara ini dihiasi dengan pameran batik berbagai daerah, mahasiswa membatik, fashion show batik, games, serta kajian. Para pengunjung stand batik juga mendapat bingkisan sticker.

Fikri Pratama, salah seorang pengunjung stand batik mengaku kegiatan ini bermanfaat bagi mahasiswa karena selain dikenalkan dengan motif-motif batik daerah lain, pengunjung juga disediakan peralatan untuk membatik sehingga mahasiswa dapat merasakan kesulitan dari membatik itu sendiri.

Seperti diketahui, pada tanggal 2 Oktober 2009 UNESCO menetapkan batik sebagai warisan budaya manusia untuk dunia dari Indonesia.

Skip to content