Kompetisi Robot Internasional, IISRO

HIMMAH ONLINE, Kampus Terpadu International Islamic Robot Olympiad (IISRO) telah diselenggarakan mulai tanggal 19 hingga 21 Agustus 2015 oleh International Muslim Association for Robotic (IMARO). Pembukaan dilaksanakan di Auditorium Kahar Muzakkir Universitas Islam Indonesia (UII). Selama kompetisi berlangsung, pihak comittee memilih Gedung Olahraga Ki Bagus Hadikusumo UII sebagai tempat pelaksanaannya. Menurut Dhadhang Setiya Budi, committe IISRO, “Kita memillih UII karena saya rasa kita memiliki visi yang sama.”

Ini merupakan kali keempat IISRO dilakukan, sebelumnya kegiatan ini dilaksanakan di Johor, Malaysia. Tahun 2012 dilaksanakan di Kuala Lumpur dan 2013 di Bandung. Kegiatan IISRO terdiri dari sembilan kategori yaitu under water robot, sumo robot, transporter robot, theatre robot, soccer robot, low cost robot, rescue robot, aerial robot, line tracer robot, dan mission challenge robot. Tiap kategori terdiri dari dua kelas yakni senior dan junior. “Kalau junior maksimal usia 12 tahun, di atasnya masuk ke kelas senior,” jelas Dhadhang. Aerial robot menurutnya merupakan kategori yang paling diminati karena jumlah peserta yang mengikuti kategori tersebut paling banyak.

Dhadhang menjelaskan terkait tujuan dari pelaksanaan IISRO, “Harapannya adik-adik yang berprestasi di sini yang mempunyai potensi untuk berkarya di robotik, nanti bisa mengikuti kompetisi lainnya yang lebih spesifik.”

Pada kesempatan kali ini peserta yang berasal dari luar Indonesia ialah tim dari Malaysia. Marsya Nisrina binti Amran, salah satu peserta asal Johor, menjelaskan terdapat 5 tim dari Malaysia dalam kompetisi kali ini.

“Rase macam cucabang coba tengok orang lain bagus tapi kita orang menang jugalah soccer juara 3,” ia bercerita pengalamannya selama IISRO berlangsung.

Kompetisi ini ditutup dengan seremoni yang diselenggarakan di Auditorium Kahar Mudzakkir UII, diikuti pemberian penghargaan kepada para pemenang. (Haninda Lutfiana U.)

Skip to content