Peta FTI Gelar Diskusi Bertemakan Teknologi Mobil Hybrid

HIMMAH ONLINE, Kampus Terpadu – Setelah mengikuti kegiatan ospek universitas, mahasiswa/i baru Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII) disambut kembali dengan penyelenggaraan Pekan Taaruf (Peta) mulai tanggal 26 hingga 27 Agustus 2015. Acara yang dilaksanakan di lingkungan kampus FTI ini mengusung tema Blend As One FTI UII.

Seperti tahun lalu, Peta FTI memuat suatu diskusi kelas dalam rangkaian acaranya. Namun, pada tahun ini panitia mengambil tema diskusi seputar teknologi, seperti disampaikan oleh Nawang Wahyu selaku Staf Departemen Acara. “Kita kasih konsep diskusi mengenai teknologi, perlukah Indonesia mempunyai mobil hybrid? Selain karena FTI merupakan fakultas teknologi, FTI juga punya prestasi mobil listrik. Jadi, kita kenalkan ilmu tersebut sekaligus prestasi yang sudah dibuat oleh FTI,” ungkapnya. Mobil hybrid sendiri menurut Nawang, lebih condong pada bentuk mobil listrik. Jika mobil pada umumnya hanya menggunakan Bahan Bakar Minyak (BBM), maka mobil hybrid juga memakai listrik sebagai salah satu sumber tenaga.

Diskusi teknologi mobil hybrid tersebut menghasilkan simpulan argumentasi pro dan kontra. Angreani Dwi Saputri, mahasiswi baru jurusan Teknik Industri berpendapat, “Sebenarnya semua sebanding, ada nilai plus dan minusnya. Pihak yang pro argumennya kuat karena mobil hybrid hemat bahan bakar, ramah lingkungan, dan efisien. Kalau yang kontra beranggapan mobil hybrid itu belum diperlukan karena lebih mahal dan kalau terkena banjir bisa mati.”

Sementara Desta Defiani Pramanadari jurusan Teknik Informatika menunjukkan dukungannya terhadap pengadaan mobil hybrid di Indonesia. “Kalau menurutku sih, perlu. Soalnya mobil hybrid ramah lingkungan, hemat energi, hemat BBM, jadi bisa membantu generasi penerus supaya bisa menikmati alam yang lebih baik lagi,” ujarnya.

Terkait kesan setelah mengikuti diskusi dalam Peta FTI ini, mahasiswi baru jurusan Teknik Informatika bernama Elok Lutfiah mengatakan bahwa acara tersebut cukup sukses, dapat menambah pengetahuan peserta diskusi melalui proses bertukar ilmu ataupun pendapat. (Fitri Sarita)

Skip to content