Tahun Kedua Pra Pesta

HIMMAH ONLINE, Kampus Terpadu – Rangkaian acara Pesona Taaruf Universitas Islam Indonesia (Pesta UII) 2015 tak jauh berbeda dengan tahun lalu, terdapat Pra Pesta sebagai awal dimulainya ospek. Pra Pesta ini bertujuan agar mahasiswa/i baru (maba-miba) lebih mengenal jamaahnya masing-masing dan bisa memperoleh informasi yang tepat terkait Pesta dua hari ke depan. Pra Pesta masih menjadi wadah maba-miba untuk membuat co card Pesta bersama-sama. Pembuatan co card bersama dimaksudkan agar maba-miba lebih mandiri dan kreatif. Pra Pesta dimulai pukul 09.00 WIB, yang diawali dengan perkenalan jamaah lalu dilanjutkan pembuatan co card.

Mengenai kehadiran maba-miba di Pra Pesta, Mawardi selaku koordinator komisi B menyatakan Pra Pesta hukumnya wajib. “Karena dalam Pra Pesta terdapat pembuatan co card untuk Pesta, jadi maba-miba wajib mengikutinya. Maba-miba yang tidak hadir akan diberi sanksi membaca surat pendek Al- Quran atau adzan.”

Berbeda dengan tahun lalu, pelaksanaan pembuatan co card tersebar di beberapa gedung kampus terpadu UII, sedangkan tahun lalu hanya terpusat di satu lingkungan saja. Penempatan pembuatan co card tahun ini, yaitu di sekeliling kantor lembaga, di sekitar Masjid Ulil Albab, di gedung Fakultas Psikologi dan Sosial Budaya, gedung Fakultas Matematika dan Ilmu pengetahuan Alam, bahkan hingga Gedung Olahraga Ki Bagus Hadikusumo UII. Dari sekian tempat tersebut, panitia sudah melakukan koordinasi dengan penjaga setempat. Naufal Fikri Maulana selaku Komisi A menuturkan bahwa penempatan yang menyebar tersebut bertujuan untuk memperkenalkan gedung-gedung yang ada di kampus terpadu kepada maba-miba agar mereka lebih mengenal seluk-beluk kampus terpadu.

Panitia memberi jatah waktu 4 jam untuk menyelesaikan co card, sesuai rundown. “Estimasi waktu yang kami berikan sudah cukup untuk mengantisipasi maba-miba yang kiranya tidak bisa menyelesaikan co card-nya, karena desain yang dibuat tidak sulit,” tutur Mawardi. Mawardi juga menjelaskan terkait pengesahan co card Pesta 2015 yang berbeda dari tahun lalu. Pengesahan tahun lalu menggunakan cap dari panitia sedangkan Pra Pesta 2015 ini menggunakan stiker logo Pesta yang tidak ada di pasaran, melainkan hanya diketahui oleh jajaran Steering Comitte (SC) terutama Komisi B.

Adyatma Arif Nugraha, mahasiswa baru jurusan Teknik Sipil, memberi tanggapan mengenai Pra Pesta. “Pra Pesta yang saya tahu hanya tentang persiapan Pesta besok. Panitia tidak menceritakan apa sebenarnya tujuan dari Pra Pesta.” Adyatma juga berharap panitia menyelipkan cerita-cerita atau motivasi selama di perkuliahan sehingga bisa memacu semangat maba-miba pada perkuliahan nanti. (Novita Dwi K.)

Podcast

Skip to content