Talkshow Kelembagaan PESTA 2024: Mengenal Lebih Dekat Keluarga Mahasiswa UII

Himmah Online – Pesona Ta’aruf (PESTA) 2024 menggelar talkshow Kelembagaan dan Kemahasiswaan, di Auditorium Abdul Kahar Mudzakkir, pada Jum’at (06/09). Talkshow ini menghadirkan tiga narasumber yaitu Dewan Permusyawaratan Mahasiswa (DPM), Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM), dan Pengurus Harian MAPALA (Mahasiswa Pecinta Alam) UNISI sebagai perwakilan dari Lembaga Khusus (LK).

Dalam talkshow tersebut M. Rafly Aryasatya, Sekretaris Jenderal DPM menjelaskan Keluarga Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (KM UII) adalah wadah yang menaungi mahasiswa, alumni, maupun kelembagaan yang berada di lingkungan UII.

KM UII dibentuk pada 21 September 1950 dan menjadi pusat dari seluruh lembaga di lingkungan UII. Kemudian, DPM dan LEM tingkat universitas maupun fakultas didirikan pada tahun 1998.

“DPM itu dicetuskan pada 1998 pada sidang umum kedua, dan di tingkat fakultas dibentuk juga DPM F (fakultas) dan LEM F,” jelas Rafly. 

Ciri khas dari KM UII adalah sistem kerja student government. Student government merupakan situasi ketika mahasiswa mengambil alih sepenuhnya sebuah kegiatan dari awal hingga akhir tanpa campur tangan universitas.

“Sistem pemerintahan KM UII adalah student government, yaitu oleh, dari, dan untuk mahasiswa,” lanjut Rafly. 

Selanjutnya, dalam mekanisme pembentukan anggota. DPM dipilih melalui pemilihan mahasiswa. Hasil dari pemilihan tersebut, kemudian didiskusikan dalam sidang umum yang memakan waktu dua sampai tiga bulan.

“Dari hasil sidang umum itu kami (anggota DPM terdahulu) akan mendiskusikan siapa yang akan mengisi jabatan sesuai dengan peraturan yang ada di DPM,” ujar Rafly. 

Kevin Surya, Pengurus Harian MAPALA menjelaskan, MAPALA merupakan bagian daripada KM UII dan memiliki garis koordinasi dengan DPM. Garis koordinasi artinya tidak ada pelimpahan tanggung jawab dari DPM terhadap LK. Dengan begitu MAPALA memiliki kedudukan yang independen.  

“Untuk LK di UII sendiri itu ada beberapa, yaitu Marching Band, MAPALA UNISI, Lembaga Pers Mahasiswa Himmah, dan juga Koperasi Mahasiswa,” jelas Kevin.  

Naswa Nafisha (19), salah satu staf  Divisi Acara mengatakan bahwa tujuan adanya talkshow Kelembagaan ini adalah untuk memperkenalkan lembaga-lembaga yang ada di bawah naungan KM UII. Dengan harapan mahasiswa dan mahasiswi baru dapat berpartisipasi secara aktif. 

“Dengan adanya talkshow ini mereka bisa tahu tentang lembaga-lembaga maupun organisasi yang ada di UII, dan nantinya mereka aktif di dalam lembaga ataupun organisasi,” ungkap Naswa. 

Menurut Naswa, talkshow Kelembagaan ini mendapatkan respon yang positif dari mahasiswa dan mahasiswi baru. Terlihat dari banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh mahasiswa-mahasiswi baru.

“Dari situ bisa kita lihat kalau mereka mulai tertarik sama kelembagaan ataupun organisasi,” pungkas Naswa. 

Reporter: Himmah/Tazkiyani Himatussoba, Saiful Bahri Magang Himmah/Aulia Rahmania, Aisyah Inneke

Editor: Ayu Salma Zoraida Kalman

Skip to content