Peringati Hari Bumi dengan Kegiatan Bersih Pantai

HIMMAH ONLINE, Yogyakarta – Dalam rangka memperingati hari bumi yang jatuh pada tanggal 22 April 2016 kemarin, Komite Relawan Nasional (KRN) cabang Yogyakarta yang berada di bawah naungan Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Rumah Zakat melakukan aksi bersih pantai pada hari Minggu 24 Apri 2016. Sejak pukul 8 pagi, telah tampak sejumlah relawan berkumpul di Pantai Parangtritis, Kretek, Kabupaten Bantul, lokasi kegiatan berlangsung. Selain melibatkan relawan KRN cabang Jogja sendiri, panitia juga mengundang sejumlah relawan dari Organisasi Kepanduan Unisi dan Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY).

Acara tersebut mengusung tema “Dari Bumi untuk Masa Depan Bangsa”. Alasan pemilihan tema tersebut dikarenakan sebagai bagian dari ekosistem kehidupan manusia, pantai harus dijaga keberlangsungannya. “Saat ini pantai Indonesia telah rusak sekitar 20%, padahal ada keberlangsungan kehidupan manusia maupun biota laut yang harus kita jaga. Jadi pantai bukan buat hari ini saja, tapi juga buat masa depan bangsa kita,” ungkap Lintang Kinasih Wijayani selaku penanggung jawab kegiatan.

Kurangnya kepedulian masyarakat terhadap kebersihan dan keberlangsungan ekosistem pantai, khususnya Pantai Parangtritis yang menjadi ikon wisata Jogja sendiri merupakan hal yang melatar belakangi diadakannya kegiatan ini oleh pihak panitia. “Di Jogja itu kan banyak pantainya, banyak wisatawan yang tertarik dengan pantai Jogja. Namun sekarang kita lihat penjagaannya masih sangat kurang sekali,” papar Lintang. Dari kegiatan bersih pantai ini, berhasil terkumpul belasan kantong yang berisi sampah yang telah di klasifikasikan menjadi sampah organik dan anorganik.

Tidak hanya bersih pantai, panitia juga melakukan edukasi kepada para pengunjung pantai dan masyarakat sekitar tentang pentingnya menjaga kebersihan eksosistem pantai. Panitia membagikan sejumlah leaflet dan stiker yang berisi ajakan untuk peduli pada lingkungan.

Para peserta pun juga menganggap positif acara tersebut dan merasa acara yang diadakan sudah berjalan baik. Azmi, salah satu peserta aksi bersih pantai yang berasal dari Pandu Unisi merespon acara tersebut dengan baik dan berharap acara bersih pantai tidak harus menunggu hari bumi. “Acara bersih pantai kali ini berjalan dengan baik, semoga kegiatan bersih pantai seperti ini tidak harus menunggu hari bumi, seharusnya menjaga kebersihan pantai menjadi kewajiban bagi setiap pengunjung pantai tersebut,” terang Azmi.

Di akhir acara, seluruh panitia dan peserta membubuhkan tanda tangan mereka di atas spanduk kegiatan, sebagai bentuk komitmen mereka dalam melakukan aksi menjaga lingkungan. Untuk kedepannya, Lintang sendiri berharap akan banyak lagi kegiatan serupa dan semakin masifnya kepedulian masyarakat pada lingkungan mereka “Kita ingin orang-orang mulai tergerakan, peduli pada lingkungannya, dimulai dari membuang sampah pada tempatnya. Dimulai dari hal-hal kecil tersebutlah kita bias bergerak ke hal-hal yang jauh lebih besar,” ujarnya. Kegiatan inipun mendapat dukungan Pemerintah Kabupaten Bantul melalui Dinas Pariwisata yang membebaskan biaya retribusi masuk kawasan wisata pantai Parangtritis. (Zikra Wahyudi)

Baca juga

Terbaru