Pribadi Artidjo Alkostar di Benak Firli Bahuri

Himmah Online, Universitas Islam Indonesia – Ketua Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Firli Bahuri, berduka atas berpulangnya anggota Dewan Pengawas KPK, Artidjo Alkostar. Beliau dikenal sebagai sosok yang sederhana dan penuh keberanian.

“Kami segenap jajaran KPK berduka atas berpulangnya Bapak Artidjo Alkostar,” terangnya saat mengisi sambutan sebelum acara pemakaman Artidjo di Gedung Auditorium Prof. KH. Abdul Kahar Mudzakir pada Senin, (1/3).

Kemudian, Firli mengatakan terdapat empat pribadi dari sosok Artidjo yang perlu diteladani selain dari tegas dalam memberantas korupsi; Pertama, sosok Artidjo menurut Firli adalah orang yang sangat sederhana dan menerima apa adanya serta tidak mencari-cari atau meminta kepada negara.

Kedua, Artidjo memiliki prinsip untuk selalu bersyukur, ikhlas, dan sabar atas apa yang diterima dan yang diberikan oleh Tuhan. Selain itu, Firli mengungkapkan bahwa Artidjo berpesan padanya untuk tetap menjaga integritas.

“Ketiga, Beliau selalu berkata kepada saya, ‘Pak Firli; jaga integritas, tetaplah berani supaya kita bisa melaksanakan tugas’,” paparnya.

Keteladanan keempat menurut Firli yakni semangat Artidjo dalam memberantas korupsi. Firli juga berharap, agar semangat dan karakter Artidjo dapat dijadikan inspirasi dan berperan seperti sosok layaknya Artidjo.

“Kita jadikan apa yang beliau berikan kepada kami jadi inspirasi, semangat untuk kita tetap melakukan pemberantasan korupsi. Jadikan lebih banyak lagi orang yang memiliki semangat dan berkontribusi sebagaimana layaknya Pak Artidjo,” jelasnya.

Reporter: Zumrotul Ina Ulfiati

Editor: M Rizqy Rosi M