Aksi Damai HTI Tolak Miss World 2013

Hizbut Tahrir Indonesia menggelar aksi di nol kilometer (07/09). HTI menolak penyelenggaraan kontes Miss World 2013 di Indonesia.  (Foto oleh: Nafiul Mualimin)

Hizbut Tahrir Indonesia menggelar aksi di nol kilometer (07/09). HTI menolak penyelenggaraan kontes Miss World 2013 di Indonesia. (Foto oleh: Nafiul Mualimin)

Oleh: Nafiul Mualimin

Yogyakarta – Himmah Online

Penyelenggaraan Miss World 2013 di Indonesia terus menuai penolakan di berbagai daerah oleh organisasi masyarakat. Sabtu (7/9/2013) giliran Hizbut Tahrir Indonesia (HTI) melakukan aksi damai untuk menolak penyelenggaraan Miss World 2013. Aksi tersebut dipusatkan di titik kilometer nol Yogyakarta.

Ratusan orang yang terdiri dari mahasiswa, ibu rumah tangga, serta tokoh agama ikut serta dalam aksi damai ini. Mereka melakukan orasi tanpa mengganggu lalu lintas. Masa perempuan dan laki-laki berada disisi jalan yang berbeda. Dalam aksi tersebut, masa membawa berbagai spanduk, bendera, dan tulisan-tulisan perwujudan penolakan Miss World. Selain itu mereka juga membawa dua ekor kambing yang melambangkan para peserta Miss World 2013.

Kriteria penilaian pemenang Miss World 2013 berupa konsep Beauty with Purpose, juga 3B (Beauty, Brain and Behaviour) dinilai hanyalah kedok bagi legalisasi eksploitasi tubuh perempuan. Terlebih lagi Miss World adalah kontes tertua yang telah mengilhami lahirnya kontes-kontes kecantikan serupa lainnya diseluruh dunia. “Membiarkan penyelenggaraan Miss World 2013 di Indonesia sama saja dengan menegaskan bahwa negeri muslim terbesar ini juga turut melanggengkan tindak eksploitasi dan komersialisasi,” seru juru bicara HTI Yogyakarta, Muhammad Ismail Yusanto.

Skip to content