Dibalik Panggung Sang Bintang

HIMMAH ONLINE, Advertorial – Behind the Star atau dibalik bintang merupakan tema malam puncak Milad Marching Band Universitas Islam Indonesia (MB UII) yang diselenggarakan di Taman Budaya Yogyakarta, Sabtu (25/04). 31 tahun merupakan umur yang matang untuk suatu organisasi yang lahir pada tahun 1962 dengan nama awal Drum Band Putri. Tema milad tersebut merupakan suatu apresiasi untuk para orang-orang yang berjasa demi bersinarnya player. Tim pelatih, pengurus dan alumni adalah orang dibelakang layar yang selalu memberikan dukungan, kritik, dan evaluasi demi bersinarnya si bintang atau player.

Drama musikal sebagai pembuka acara dengan cerita tentang kehidupan sehari-hari anggota MB yang penuh dengan rutinitas selain kuliah seperti latihan dan rapat. Dalam drama tersebut digambarkan adanya konflik internal yang butuh penyelesaian dengan proses yang tidak instan. Cerita diawali dengan kemunculan seorang mahasiswa yang penasaran dengan stand MB yang sedang menyelenggarakan open recruitment di bulevar kampus. Rasa penasaran itu kemudian dituangkan dengan bergabung sebagai anggota dan mengikuti pendidikan dasar sebagai syarat untuk menjadi anggota baru. Rutinitas mulai padat dengan latihan dan rapat yang sering menimbulkan konflik internal MB. Dengan semakin banyaknya anggota di MB ini maka semakin banyak pula ide dan pemikiran yang muncul yang tak jarang juga menimbulkan konflik internal MB. Konflik lain dari terbengkalainya kuliah karena kurang bisa membagi waktu, masalah percintaan sampai larangan dari orang tua atas bergabungnya di MB juga terjadi. Namun konflik-konflik tersebut justru menumbuhkan kedewasaan dan mempererat persatuan hingga mampu bertahan sampai sekarang. Para anggota dididik untuk saling toleran terhadap perbedaan yang ada, rasa senasib dan kekeluargaan yang membuat ikatan emosional mereka semakin terbentuk. Acara ditutup oleh penampilan dari MB UII secara full team.

Marching Band yang pernah mendapat peringkat tiga besar pada Grandprix Marching Band (GPMB) tingkat nasional tahun 2009 ini akan kembali berjuang pada kompetisi yang sama tahun ini pada bulan Desember. Persiapan dan latihan terus dilakukan oleh 130 player yang akan bertanding dengan MB dari seluruh Indonesia yang bertempat di Jakarta. Menurut Adib Priyahita selaku ketua panitia milad MB UII ke 31 ini mengatakan bahwa persiapan sudah separuh dari keseluruhan yang akan ditampilkan. Salah satu alumni MB UII yang hadir pada malam itu, Andrea Febrio, stage 26 mengatakan bahwa walaupun dia dan teman-temannya sudah alumni tapi tetap berkontribusi dengan cara masing-masing. “Kekeluargaan antara anggota dan alumni merupakan hal yang tidak boleh dilepaskan agar MB UII tetap berjaya dan terus berprestasi, go fight win,” lanjut Andreo.

Skip to content