FAKTA Bentuk Forum Anak Tingkat Kecamatan

Peserta peresmian forum anak Yogyakarta menyayikan lagu indonesia raya, Sabtu (12/10). Forum anak ini dibentuk bertujuan untuk menampung aspirasi-apirasi anak-anak.

Peserta peresmian forum anak Yogyakarta menyayikan lagu indonesia raya, Sabtu (12/10). Forum anak ini dibentuk bertujuan untuk menampung aspirasi-apirasi anak-anak. (Foto oleh : Nafiul Mualimin)

Oleh : M. Khoirul Anam

Kaliurang, HIMMAH ONLINE

Hari Sabtu (12/10) kemarin, Forum Anak Kota Yogyakarta (FAKTA) menyelenggarakan acara pembentukan forum anak kecamatan se-Kota Yogyakarta dengan mengusung tema “Wujudkan Jogja Ramah Anak dengan Forum Anak”. Para pesertanya berasal dari berbagai kelurahan yang ada di Kota Yogyakarta, dimana setiap masing-masing kelurahan  mengirimkan 2 delegasi. Berlokasi di Hotel Kana, Kaliurang, acara ini akan berlangsung selama 2 hari.

Melalui sambutannya, Pipin Anisulistiati selaku perwakilan dari Kantor Pemberdayaan Masyarakat dan Perempuan (KPMP) Kota Yogyakarta berharap aspirasi anak-anak dapat tertampung lewat media forum anak ini. “Anak punya hak untuk berpartisipasi dan menyuarakan suara mereka di level manapun. Hal ini tidak bisa diwakili oleh para orang tua karena yang bisa merasakan, ya, anak-anak,” ujarnya.

Acara tersebut dibuka dengan teriakan “forum anak!” dari pihak panitia yang kemudian dibalas dengan suara riuh para peserta yang meneriakkan “kami anak dan peduli anak!”.  “Acara kali ini tidak hanya peresmian saja, tapi peserta pun dibekali dengan materi-materi. Jadi mereka tahu tugasnya. Nanti juga ada pembuatan proker buat ke depannya,” terang Muhammad Rifki Renaldi selaku Ketua Panitia acara ini.

Pada hari pertama, para peserta dibekali beberapa materi. Salah satunya tentang partisipasi anak dengan pemateri Eko Sukamto dari Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) SOS Children’s Village, Yogyakarta. Pembentukan dan pengukuhan kepengurusannya sendiri dilaksanakan pada hari ini (13/10).

Skip to content