Jogja Tanggap Bencana

Oleh: Ferry Firmansyah A.

Yogyakarta, HIMMAH ONLINE

Sabtu (25/01) pemerintah DIY mengadakan apel gabungan tanggap bencana dihalaman Keraton Yogyakarta. Peserta upacara terdiri dari Tentara Nasional Indonesia (TNI), Polisi Republik Indonesia (Polri), Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Organisasi Masa (Ormas) dan para relawan. Apel dimulai pukul 10.00 WIB sampai dengan 11.15 WIB.

Komandan Resort Militer (Danrem) 072 Yogyakarta dan Wakil Kepala Kepolisian Daerah (Wakapolda) DIY beserta staf memeriksa barisan peserta upacara sekaligus melihat perlengkapan siaga bencana masing masing institusi. Apel gabungan tersebut dipimpin langsung oleh Brigadir Jendral (Bigjen) Fadhilah. Dalam sambutannya menyampaikan  agar siap siaga menghadapi bencana dibeberapa titik  dengan  didirikan posko sebelum terjadi bencana. Selain itu bencana yang terjadi dari tahun ke tahun di wilayah DIY juga menjadi evaluasi untuk lebih siap lagi dalam penanganannya terutama dalam hal koordinasi.

Salah seorang Peserta apel, Eko Supriyanto mengatakan  apel ini penting agar koordinasi  tetap terjaga dan siap siaga dalam menghadapi bencana. Salah satu anggota tim reaksi cepat BNPB DIY ini menegaskan  kesiapannya meskipun harus terjun keluar daerah anggota. Selain itu Ryan salah satu relawan dari Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Unisi  yang  hadir pada apel gabungan tersebut juga menyatakan kesiapanya terjun ke wilayah bencana. Menurut mahasiswa tehnik mesin UII 2010 ini, apel gabungan kali ini terkesan lambat karena bencana diseluruh Indonesia sudah terjadi. Apel yang dimulai pukul 10.00 wib itu diakhri dengan doa pada pukul 11.15 WIB.

Podcast

Baca juga

Terbaru