Dekan FE, Salah Satu Bacarek UII

Oleh: Dian Indriyani

Fakultas Ekonomi, HIMMAH ONLINE

Pemilihan rektor baru Universitas Islam Indonesia (UII) untuk menggantikan masa kepemimpinan Edy Suandi Hamid akan segera dimulai. 8 Januari 2014 mendatang akan dilaksanakan pemilihan Bacarek (Bakal calon rektor). Salah satu Bacarek yang terpilih adalah Prof. Dr. Hadri Kusuma, MBA yang saat ini menjabat sebagai dekan Fakultas Ekonomi (FE). Pria yang lahir di Bengkulu, 51 tahun silam ini pernah menempuh Strata 1 sebagai mahasiswa Sarjana Ekonomi Jurusan Akuntansi FE UII pada tahun 1988. Setelah itu, ia meneruskan pendidikan Pasca Sarjana di Murray State University Kentucky, USA, untuk meraih gelar Master of Business Administration pada tahun 1994, dan melanjutkan studi doktornya di Victoria University of Technology, Melbourne, Australia, sebagai Doktor of Business Administration pada tahun 2000.

Selama di UII, pria yang kerap disapa Erik ini pernah berhasil meraih prestasi dalam jenjang jabatan akademik tertinggi sebagai guru besar atau profesor golongan IV C pada 2009 lalu. “Saya dianggap memenuhi persyaratan secara administratif oleh pihak yayasan dan panitia pilrek. Ini juga atas kehendak orang tua yang mengamati bagaimana kompetensi dan kinerja saya yang sudah lama sekali, bukan dari kemarin sore. Karena mereka meminta saya maju juga pasti ada dasar pertimbangan dan itu sudah diamati lama,” jawabnya saat ditanya perihal pencalonannya sebagai Bacarek UII.

Erik menambahkan bahwa yang patut untuk mencalonkan diri sebagai rektor nanti adalah seseorang yang mempunyai kompetensi, dapat memegang amanah, dan memiliki integritas yang tinggi, terutama terhadap UII.

Secara singkat Erik juga menjelaskan kata kunci program kerja yang akan dilakukannya setelah lolos menjadi calon rektor, yaitu lebih mengedepankan prestasi dalam akreditasi UII. “Jika sudah terakreditasi A, maka UII harus lebih dari itu,” tuturnya.

Skip to content