Konsep Baru Pesta, Maba Membuat Co-card Bersama

Mahasiswa baru mengantri untuk meminta stempel kepada panitia PESTA 2014, Selasa (02/09). (Foto oleh: Arieo Prakoso)

Mahasiswa baru mengantri untuk meminta stempel kepada panitia PESTA 2014, Selasa (02/09). (Foto oleh: Arieo Prakoso)

Oleh : Nurcholis Ainul Rafiq Tri

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

Selasa, 2 September 2014, Lembaga Eksekutif Mahasiswa Universitas (LEM U) Universitas Islam Indonesia (UII) tengah melaksanakan orientasi mahasiswa dan mahasiwi baru atau yang lebih dikenal dengan nama Pesona Ta’aruf (PESTA). Agenda dari rangkaian acara PESTA pada hari ini adalah pembuatan co-card yang akan digunakan oleh para mahasiswa/i baru pada hari kedua dan ketiga PESTA yang akan dilaksanakan pada tanggal 3-4 September 2014.

Pukul 07.00 WIB kegiatan PESTA dimulai, peserta PESTA berkumpul dengan jama’ahnya masing-masing. Para wali jama’ah (waljam) melakukan pengecekan atribut-atribut yang wajib dibawa oleh peserta PESTA seperti bahan-bahan pembuatan co-card dan perlengkapan shalat. Banyak mahasiswa yang tidak melengkapi atribut yang telah ditentukan sehingga mereka mendapatkan hukuman, yakni menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Garuda Pancasila. Kegiatan kemudian dilanjutkan dengan perkenalan sesame jama’ah dan pembuatan co-card

PESTA kali ini mencapai 80 jama’ah, yang terdiri dari 83-84 orang di setiap jama’ahnya. Berbeda dengan PESTA tahun lalu, nama-nama jama’ah PESTA tahun ini diambil dari nama pendiri UII serta nama pahlawan-pahlawan Indonesia, sedangkan pada PESTA tahun lalu nama jama’ah diambil dari nama-nama surat yang ada dalam Al-Qur’an.

Nur Siti Fatimah, selaku komisi A panitia PESTA menjelaskan bahwa mereka memang sengaja mengambil nama yang berbeda dari tahun lalu karena sesuai dengan tema yang sedang mereka usung. ”Karena tema kita ‘Intelektual Progresif’, kita berharap agar kita dapat termotivasi untuk menjadi lebih baik oleh para pahlawan tersebut,” ujar Siti.

Skip to content