Mahasiswa UII Peringati HIV/AIDS

hiv

 

Terinspirasi dari program kelompok salah satu unit KKN.

Oleh Ahmad Satria Budiman

Sleman, Himmah Online

Guna memperingati Hari HIV/AIDS Sedunia yang jatuh pada tanggal 01 Desember, mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Islam Indonesia Angkatan 45 (KKN UII 45) mengadakan kegiatan Senam Sehat dan Jalan Sehat pada tanggal 09 Desember 2012. Kegiatan tersebut merupakan program gabungan dari enam unit KKN mahasiswa UII di enam pedukuhan Desa Caturharjo, Sleman, DIY, yaitu dari Unit SL-39 sampai dengan Unit SL-44.

Kegiatan yang dimaksud juga terselenggara berkat kerja sama mahasiswa dengan Karang Taruna Desa Caturharjo. Kegiatan juga menggandeng sponsor Minyak Goreng “Sania” dan Distro “Ananda Collection”. Tujuan kegiatan antara lain meningkatkan kesadaran warga desa akan pentingnya gaya hidup sehat dan sebagai sarana menjalin keakraban. Tercatat, 255 orang warga Desa Caturharjo yang hadir, didominasi ibu-ibu, remaja putri, dan anak-anak perempuan.

Acara dimulai pukul 06.30 WIB pagi bertempat di halaman Balai Desa Caturharjo. Warga yang datang mendapatkan potongan kupon doorprize yang akan diundi di akhir acara. Dalam sambutannya, Drs. Banowo selaku Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kabag Kesra) mewakili Kepala Desa Caturharjo, menyampaikan apresiasi berupa ucapan selamat dan terima kasih kepada mahasiswa UII dan pemuda Karang Taruna atas terlaksananya kegiatan.

Setelah sambutan, acara dilanjutkan dengan Senam Sehat. Menjelang pukul tujuh, senam usai. Setengah jam kemudian setelah pendinginan badan, acara disambung dengan jalan sehat. Perjalanan dimulai dari balai desa, lalu berjalan ke arah barat, belok ke selatan, ke timur, lalu ke utara. Atau dengan kata lain, jalan sehat dilakukan memutar berkeliling pedesaan dengan jarak tempuh kira-kira empat kilometer.

Sekitar pukul 08.30 WIB, warga tiba kembali di halaman balai desa untukmengikuti rangkaian acara berikutnya, yaitu pembagian hadiah (doorprize). Tiga hadiah utama telah disediakan di panggung, masing-masing televisi 14 inch, kipas angin, dispenser, dan blender. Selain itu, masih ada ratusan hadiah menarik lainnya. Acara pembagian doorprize berlangsung meriah karena disertai games yang dipandu oleh dua orang mahasiswa KKN. Pukul sepuluh, acara berakhir.

Pandu Putra Perdana, Koordinator Desa (Kordes) Caturharjo, mewakili mahasiswa KKN UII mengatakan bahwa kegiatan tersebut diselenggarakan sekaligus sebagai perpisahan antara mahasiswa KKN UII dan warga Desa Caturharjo. “Harapannya, agar hubungan UII dan Caturharjo tetap terjaga dan semoga apa yang telah diprogramkan mahasiswa dapat berguna bagi warga desa,” tutur mahasiswa Pendidikan Dokter 2007 ini. Sementara Rakhmadi Gunawan, Ketua Karang Taruna Desa Caturharjo, ikut serta menyampaikan rasa terima kasih atas kerja sama mahasiswa UII selama masa KKN. “Acara ini juga sekaligus memproklamirkan bahwa Desa Caturharjo bebas dari HIV/AIDS,” tambah Gunawan.

 

Podcast

Skip to content