Menwa Selenggarakan LBB

1476751_707180465966677_2128051840_n

Peserta lomba PBB yang diadakan oleh Menwa sedang menunjukan kebolehannya ke juri, minggu (21/12). Lomba yang diakan di Lapangan Kahar Muzakhir ini diikuti oleh 21 Pleton. (Foto oleh: M. Nafis Alfarizi)

Oleh: M. Nafis Alfarizi

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

Minggu 22 Desember 2013, Satuan Resimen Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (Menwa UII) menyelenggarakan Lomba Baris Berbaris (LBB) yang diikuti oleh seluruh siswa SMA sederajat yang ada di lingkup Daerah Istimewa Yogyakarta dan Jawa Tengah. Acara ini dilangsungkan atas pemberian dana hibbah oleh sebuah instansi bernama Gas Bank limas, dimana UII menjadi salah satu universitas di Yogyakarta yang menerima dana hibbah tersebut. Selain UII, Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga (UIN Sunan Kalijaga) dan Universitas Gajah Mada (UGM) juga menerima dana hibbah tersebut.

Andrian Ades selaku ketua panitia perlombaan ini mengatakan bahwa setiap instansi dari universitas yang menerima dana hibbah tersebut telah melakukan kegiatan masing-masing, sedangkan UII memilih untuk menyelenggarakan LBB.Peserta perlombaan ini berjumlah 21 pleton yang terdiri dari sembilan SMA. Delapan SMA dari Yogyakarta dan satu SMA dari Klaten. Perlombaan ini menghadirkan juri yang berasal dari empat instansi yakni Brimob, Akademi Angkatan Udara (AAU), Kodim 0732 Sleman, serta Batalion Invantri 403 Wirasada Basisda. Perlombaan dibagi menjadi empat pos yang meliputi : pos pertama berada disekitar perpustakaan pusat UII, pos kedua berada di D3 Ekonomi, pos ketiga disekitar gedung Rektorat, dan pos keempat berada disamping masjid Ulil Albab. Sedangkan untuk kriteria penilaiannya dilihat dari masing – masing pos. Ada sepuluh gerakan yang harus dilakukan oleh setiap tim. Kekompakan, kerapihan dan danton turut menjadi kriteria penilaian dalam perlombaan ini.

Selma Mutuara Hani, salah satu peserta yang berasal dari SMA 3 Yogyakarta mengatakan bahwa dia sudah mempersiapkan diri untuk mengikuti perlombaan ini jauh hari sebelum acara dimulai, bahkan ia sudah mulai berlatih sejak menginjak kelas 2 SMA. Ades berharap dengan diselenggarakannya kegiatan ini dapat menjadikan generasi muda lebih disiplin lagi, dan juga agar karya dan semangat generasi muda terus berkiprah. “Jangan sampai berhenti bagi mereka yang menang maupun tidak” tambah Ades.

 

Podcast

Baca juga

Terbaru