UII Golden Mendorong Mahasiswa Ke Luar Negeri

Oleh: Siti Mahdaria

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

International Program Universitas Islam Indonesia mengadakan launching komunitas baru bernama Universitas Islam Indonesia Global Student (UII Golden) pada Minggu (15/12) lalu. Bertempat di Gedung Kuliah Umum Sardjito lantai dua, acara ini mengundang 38 mahasiswa UII yang pernah berstatus sebagai pelajar luar negeri. “UII Golden terinspirasi dari BINUS STAR (BINUS Student Transnational Ambassadorred) yang dimiliki oleh Universitas Bina Nusantara dan AIESEC (Association Internationale des Etudiants en Sciences Economiques et Commercialesred) yang ada di seluruh dunia,” tutur Herman Felani, Program Development Manager IP UII.

Anita Noor Rohmah selaku koordinator acara juga mengungkapkan, komunitas yang secara struktural masih di bawah International Student Office (ISO) ini dibentuk guna merangkul para mahasiswa UII agar bisa lebih termotivasi untuk belajar ke luar negeri. Oleh karena itu, ia mencoba meminta para mahasiswa yang diundang dalam acara tersebut agar bersedia membagi pengalamannya selama belajar di luar negeri. Pun panitia berharap mereka bisa memberi informasi, memotivasi, dan memandu mahasiswa lainnya yang berminat belajar ke luar negeri.

Hasil survei kasar dari panitia launching UII Golden yang dikemukakan oleh Meywinda, mahasiswi International Program Manajemen angkatan 2011, dimana hanya dua persen dari total 18.000 mahasiswa UII saja yang pernah mencicipi belajar di luar negeri, baik dalam rangka pertukaran pelajar, join degree, maupun pelatihan dan seminar, bisa menjadi alasan IP UII membentuk UII Golden.

Di samping itu, Eva Adams, salah seorang pembicara berkebangsaan Jerman mencoba menguatkan alasan perlunya mahasiswa mempunyai pengalaman hidup maupun bekerja di luar negeri. “Banyak orang yang memiliki pengetahuan dan pengalaman. Tapi, hanya sedikit orang yang mempunyai pengetahuan, pengalaman, kemampuan berbahasa asing, dan pengalaman kerja di luar negeri pada saat yang bersamaan. Ini adalah peluang!” tutur perempuan yang juga menjabat sebagai staf magang di International Office dan Humas UII ini.

Berita sebelumyaJelang Pilrek 2014
Berita berikutnyaMenwa Selenggarakan LBB

Podcast

Baca juga

Terbaru