Nandang Sutrisno: Implementasi Nilai Keislamaman Di UII

Oleh: Danca Prima R.

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

Lima calon rektor UII telah terpilih. Kelima calon rektor tersebut nantinya akan dipilih oleh pihak Badan Wakaf untuk menjadi Rektor. Salah satu calon rektor yang terpilih adalah Nandang Sutrisno. Ia menjabat sebagai Wakil Rektor I Universitas Islam Indonesia pada periode kepemimpinan Edy Suandy Hamid. Saat ditanyakan terkait motivasi pencalonannya menjadi kandidat bakal calon rektor, Nandang mengatakan bahwa ada dorongan dari pihak lain yang tidak bisa disebutkan, sehingga memunculkan rasa tanggung jawab. “Sebenarnya bukan dari keinginan saya sendiri, tapi berdasarkan dorongan dari berbagai pihak. Karena yang namanya kepimimpinan itu tidak boleh diminta, kita tidak boleh meminta jabatan. Tapi apabila kita diberikan amanah maka harus dijalankan dengan sebaik-baiknya. Atas dasar itu saya terpanggil untuk ikut serta dalam pilrek ini,” ujar Nandang.

Terkait visi dan misi, Nandang menyatakan ingin membangun UII dengan mengedepankan unsur Islamnya, yaitu dalam bentuk simbol, substansi, dan implementasi. Menurutnya banyak visi dan misi yang hanya berakhir di kertas saja, belum berupa implementasi. Nandang juga mengatakan bahwa UII yang sekarang belum bisa sepenuhnya direpresentasikan sebagai Universitas Islam Indonesia, “Indonesianya sudah bagus, tapi Implementasi islamnya belum” tambahnya.

Mengenai mekanisme pemilihan rektor di tahun 2014 ini Nandang mengaku belum puas. “Jujur secara batin saya tersiksa dengan mekanisme seperti ini. Saya maju itu belum didasarkan basis dukungan yang nyata, kita harus menyatakan kesediaan. Di satu sisi sangat tidak sesuai dengan hati nurani saya, tapi disisi lain adanya dorongan kepada saya memunculkan rasa tanggungjawab” tuturnya.

Podcast

Skip to content