Penuhi Rasio, UII Kurangi Jumlah Mahasiswa Baru

HIMMAH ONLINE, Kampus Terpadu – Jumlah mahasiswa/i baru Universitas Islam Indonesia (UII) tahun akademik 2016/2017 mengalami penurunan jika dibanding tahun sebelumnya. Terhitung ada 4.201 mahasiswa baru yang melakukan registrasi ulang pada tahun ini, dibanding tahun akademik 2015/2016 yang berjumlah 5.386 mahasiswa serta tahun akademik 2014/2015 berjumlah 6.649 mahasiswa. Sementara jumlah pendaftar hanya sedikit mengalami penurunan dimana tahun ini terdapat 27.297 pendaftar dan tahun sebelumnya berjumlah 27.654 pendaftar.

Ilya Fadjar Maharika selaku wakil rektor satu bidang akademik dalam penjelasannya pada kuliah perdana yang berlangsung pada Kamis, 11 Agustus 2016 di auditorium Kahar Mudzakir, UII menyatakan bahwa penurunan jumlah mahasiswa ini guna meningkatkan kualitas UII sendiri. “Ini tidak popular untuk sebuah universitas swasta, tapi kita melakukan ini untuk memperkuat profil UII dalam menghadapi persaingan global apalagi kita sekarang dalam Masyarakat Ekonomi Asean (MEA),” jelas Ilya.

Sementara itu, Abdul jamil selaku wakil rektor tiga sekaligus ketua panitia penerimaan mahasiswa baru tahun ini menyatakan bahwa penurunan jumlah mahasiswa memang sengaja dilakukan dengan pertimbangan rasio jumlah dosen dan mahasiswa UII yang belum memenuhi standar di beberapa fakultas, serta memperbaiki fasilitas yang ada terlebih dahulu.

Pembatasan jumlah mahasiswa baru ini sebelumnya sudah dibicarakan dengan semua fakultas yang ada di UII terkait target mahasiswa yang dapat ditampung oleh setiap fakultasnya. Tahun depan pihak universitas tetap akan mentargetkan mahasiswa baru dengan jumlah yang relatif sama dengan tahun ini. “Memang kita seharusnya imbangya (menerima-red) sekitar 4500an, jadi tahun depan mungkin akan tetap segini,” harap Jamil. (Nurcholis Ma’arif)

Podcast

Skip to content