Puncak SAFARI Ramadhan MAPALA UNISI

Oleh : Sirojul Khafid
Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

Safari ramadhan yang dilaksanakan sejak tanggal 1 Juli 2014 di enam desa telah sampai pada puncaknya pada hari selasa, 15 Juli 2014. Acara ini diisi oleh Mifta’im an’am (Gus Miftah) dengan tema “Raih Duniamu Untuk Akhiratmu” bertempat digedung auditorium Kahar Mudzakir, Universitas Islam Indonesia. Acara ini dihadiri oleh Keluarga besar Universitas Islam Indonesia seperti mahasiswa dan karyawan. Selain itu, warga desa yang menjadi tempat serangkaian safari Ramadhan sebelumnya serta dari panti asuhan Al-Jamil, Kalasan, Sleman juga turut menghadiri acara ini.

Safari ramadhan itu sendiri yaitu acara masuk ke enam desa yakni Turgo, Mriti, Kalitengah, Kinahrejo yang berada didaerah DIY, Selo di Boyolali, Deles di Klaten ini dengan memberikan pembelajaran agama islam, tadarus, buka puasa dan tarawih bersama serta mauidhokhasanah. Safari ramadhan yang telah dilaksanakan dari tahun 1980-an ini pada awalnya bertujuan untuk meminimalisasi kristenisasi yang berada didesa-desa tersebut. Dengan mendirikan masjid dan pembelajaran baik agama maupun pelajaran umum kegiatan ini terus berlangsung sampai sekarang yang hasilnya warga desa berbondong-bondong masuk islam, walaupun tidak secara keseluruhan. Safari ramadhan kali ini selain sebagai pengontrol perkembangan desa binaan (desa yang menjadi tempat safari ramadhan) juga sebagai ajang silaturahmi dan mengenalkan UII kepada masyarakat.

Riski Mahran mahasiswa jurusan Tehnik Mesin, Fakultas Tehnik Industri angkatan 2012 sebagai ketua panitia berharap bahwa acara ini mendapat dukungan dari keluarga besar UII berupa partisipasinya, karna acara ini juga untuk mengenalkan UII lebih dalam kemasyarakat serta memberikan pengabdian dalam bentuk pembelajaran agama pada khususnya.

Berita sebelumyaREGENERASI LEM UII
Berita berikutnyaMelihat Soekarno dari Sisi Lain

Podcast

Baca juga

Terbaru