Lakukan Penelitian untuk Kebaikan

DSC_1046

Oleh: Aldino Friga P.

Kampus Terpadu, Himmah Online

Rangkaian kuliah umum “Presidential Series Lectures”resmi dibuka pada hari Rabu (13/03) oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri Universitas Islam Indonesia (FTI UII), Gumbolo Hadi Susanto. Kuliah perdana tersebut dimulaipukul 13.00 WIB, bertempat di Auditorium KaharMuzakkir, Kampus UII Terpadu. Bertindak selaku pemateri adalah Dr, Warsito P. Taruno M.Eng., Ketua Masyarakat Ilmuwan & Teknologi Indonesia (MITI).

Dalam kuliah bertajuk “Peran Riset dan Teknologi Industri dalam Membangun Daya Saing Bangsa”, Warsito mengkritisi besarnya biaya untuk meneliti dan berkarya di bumi pertiwi. “Untuk diketahui, rata-rata seorang peneliti menghabiskan dana sekitar 100 juta untuk melakukan sebuah penelitian. Untuk menerbitkan jurnal butuh dana sekitar 4,5 miliar. Dan untuk mematenkan karya itu butuh dana sekitar 15 miliar,” ujar pria kelahiran Surakarta tersebut. Karena itu, ia menekankan butuhnya dukungan semua pihak agar saling membantu dan berintegrasi demi melahirkan ilmuwan-ilmuwan muda agar karyanya bisa merambah dunia internasional. “Kualitas SDM di Indonesia itu tinggi dalam hal riset, tapi terganjal sumber dana yang ada,” lanjut Warsito lagi. Sebagai penutup, ia berpesan untuk tidak selalu mengandalkan dana dari pihak lain. Penelitian harus dilakukan tanpa pamrih demi kebaikan bersama.

Warsito merupakan alumnus dari UniversitasGadjahMada (UGM). Hanya setahun di UGM, ia kemudian melanjutkan studi ke Jepang hingga meraih gelar doktor dari Universitas Shizuoka Jepang. Ia memiliki segudang prestasi di kancah nasional maupun internasional. Duni dari setelah digelutinya selama hampir 20 tahun, yaitu sejak masih berada di bangku kuliah S1 hingga hari ini. Di antara penemuan Warsito adalah ECCT (Electro Capasitive Cancer Treatment) dan ECVT (Electrical Capacitance Volume Tomography). Penemuan tersebut dimanfaatkan dalam berbagai aplikasi teknologi seperti helm dan bra terapis kanker, serta scanner pesawat seperti yang diadopsi Badan Antariksa Internasional Amerika Serikat(NASA) untuk melakukan pindaian di badan pesawat antariksanya.

“Presidential Series Lectures”sendiri merupakan rangkaian dari empat kuliah umum yang diselerenggarakan FTI UII dalam rangka milad UII ke-70. Acara tersebut mengundang tokoh-tokoh nasional untuk bertindak selaku pemateri. Warsito merupakan pemateri pada kuliah pertama. Masih ada tiga pemateri lainnya, yaitu Zulkifli Hasan, S.E., M.M. (Menteri Kehutanan RI), Anies Baswedan, Ph.D. (Rektor Universitas Paramadina), dan Prof. Dr. Amien Rais, M.A. (Mantan Ketua MPR RI 1999-2004). Kuliah umum ini gratis dandiperuntukkansemua kalangan.

Podcast

Skip to content