Maba Terima Penjelasan Evaluasi Akademik Di Pembukaan SEMATA

Oleh : Siti N. Qoyimah

Condong Catur, HIMMAH ONLINE

Semangat Ta’aruf (SEMATA) yang merupakan ospek Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia (FE UII) dilaksanakan mulai hari Minggu, 7 September 2014. Dalam pembukaan acara, D. Agus Hardjito selaku Dekan FE UI, memberikan pengarahan mengenai program-program yang harus diikuti mahasiswa baru seperti Orientasi Nilai Dasar Islam (ONDI) dan Pendamping Agama Islam (PAI). Selain itu, ia juga menjelaskan mengenai evaluasi akademik mahasiswa yang berlaku di UII.

Agus menjelaskan bahwa evaluasi akademik dilaksanakan pada tahun kedua (menempuh empat semester) dan tahun ketujuh (menempuh 14 semester). Untuk empat semester pertama apabila diambil 40 sks terbaik tetapi Indeks Prestasi Kumulatif (IPK) tidak mencapai 2,5 akan drop out (DO) dari UII. Setelah menempuh 2 semeter jurusan memperkirakan mahasiswa yang memungkinkan akademiknya tidak memenuhi syarat di semester 4. Kemudian di semester ketiga peringatan DO diberikan berupa mengirim surat kepada orang tua dan memanggil mahasiswa yang bersangkutan. Kemudian mahasiwa dibantu jurusan untuk memperbaiki nilai seperti memberi saran mengenai mata kuliah yang sebaiknya diambil di semester 4. Apabila semester 4 tidak memenuhi syarat yang telah disebutkan makan mahasiswa tersebut DO. Evaluasi ini juga berlaku untuk semua fakultas. “Yang membedakan hanya grade IPK tiap fakultas. Untuk 40 sks saya kira sama,” tambah Agus. Untuk evaluasi tujuh tahun adalah evaluasi masa studi tanpa menghitung masa cuti resmi sesuai prosedur.

Evaluasi ini bertujuan agar mahasiswa serius dalam menempuh studi di UII. Selain itu evaluasi empat semester merupakan prediksi apakah mahasiswa mampu menyelesaikan studi sebelum tujuh tahun atau tidak. Sehingga mahasiswa dapat mempertimbangkan apakah akan keluar dari UII atau terus kuliah di UII.