Menjelang Pesta Demokrasi UII

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE
Oleh : Ferry Firmansyah Aditya

Kamis (20/3), bertempat di kantor Lembaga Eksekutif Mahasiswa Universitas Islam Indonesia (LEM UII), beberapa orang dari tim Komisi Pemilihan Umum (KPU) Pemilihan Mahasiswa tampak mempersiapkan terkait Pesta Demokrasi mahasiswa UII yang akan diadakan bulan Mei mendatang. 1 April 2041 nanti KPU akan melaksanakan  pembukaan perdana KPU dan sosialisasi mengenai regulasi dan syarat jadi calon, serta teknis pencoblosan kepada mahasiswa.

Menurut Muktar Yogasara, selaku ketua KPU, regulasi tahun ini akan dibuat berbeda dengan periode lalu. Periode sebelumnya KPU mempunyai wewenang tidak meloloskan calon yang mengajukan diri disamping penilaian dari segi administrasi. Regulasi pada periode ini masih dalam tahap pembahasan dijajaran KPU. “KPU juga masih membahas terkait pembentukan tim ahli seleksi yg terdiri dari dosen-dosen aktif di kemahasiswaan. Rencananya tiap fakultas diwakili dua orang dosen” tutur Yoga.

Yoga menambahkan golongan putih (golput) yang terjadi di kalangan mahasiswa sudah biasa terjadi dan ini semakin riskan. Menurut data yang diperoleh KPU, pada tahun 2012, dengan asumsi 5.000 mahasiswa per angkatan dengan total 20.000 mahasiswa aktif, hanya 3.400 mahasiswa yang  memberikan suaranya. Tahun 2013 mahasiswa yang memilih naik sekitar 30% menjadi 4.400. Ditargetkan pemilih tahun ini mencapai 5.000 sampai 10.000. KPU berharap ditahun ini tidak ada lagi mahasiswa yang golput, agar semua mahasiswa terwakili aspirasinya.

Anggota KPU sendiri terdiri atas dua orang delegasi dari masing-masing lembaga-lembaga yg ada di bawah Keluarga Mahasiswa (KM ) UII. Di dalam KPU terdapat tiga divisi yaitu, regulasi, sosialisasi dan penyuluhan, serta logistik dan Panitia Wilayah (Panwil).

Skip to content