Orasi Para Caleg FTI

Tarlim, salah satu caleg FTI berkampanye di teras gedung Mas Mansur dalam acara Kampanye Terbuka FTI Pemilwa KM UII 2013 (15/5). Untuk pemilwa tahun ini FTI sendiri memiliki caleg fakultas berjumlah 10 orang. (Foto oleh: Revangga Twin T.)

Tarlim, salah satu caleg FTI berkampanye di teras gedung Mas Mansur dalam acara Kampanye Terbuka FTI Pemilwa KM UII 2013 (15/5). Untuk pemilwa tahun ini FTI sendiri memiliki caleg fakultas berjumlah 10 orang. (Foto oleh: Revangga Twin T.)

Para kandidat calon legislatif FTI mengungkapkan visi dan misinya di depan seluruh mahasiswa FTI.

Oleh: Yuyun Novia Sari

Kampus Terpadu, Himmah Online

Menjelang pesta mahasiswa UII yang akan digelar pada 20-23 Mei mendatang, para kandidat calon legislatif (caleg) diberi kesempatan untuk melakukan kampanye secara terbuka, baik kandidat caleg fakultas maupun universitas. Termasuk Fakultas Teknik Industri (FTI), pada 15 Mei 2013, diberikan kesempatan untuk melakukan kampanye terbuka.

Terdapat 10 caleg yang melakukan orasi, sepuluh caleg tersebut adalah Sonni Doa Jhonatan, Asmawi Asgar, Muhammad Ramdan, M Rizky F Sangaji, Ahada Rhamadana, Luas Dzatzali, Ricky Rodian Al Imron, Tarlim, Siti Masruroh, dan Jabar Syaifulloh.

Sonni Doa Jhonatan diberikan kesempatan untuk melakukan orasi yang pertama. Menjadikan lembaga sebagai wadah aspirasi mahasiswa agar menjadi student goverment yang berintegritas adalah visi caleg dengan nomor urut 1 ini. Sedangkan salah satu misinya yaitu tanggap terhadap isu yang ada, menjalin hubungan dengan birokrat, mengenalkan apa itu legislatif kepada mahasiswa, khususnya FTI.

Dalam kampanye tersebut salah satu mahasiswa melontarkan pertanyaan mengenai fungsi Dewan Perwakilan Mahasiwa Fakultas (DPM-F) kepada Sonni. Sonni memaparkan bahwa salah satu fungsi DPM-F adalah penyambung lidah mahasiswa kepada pihak fakultas maupun pihak Universitas.

Selain Sonni, M Rizky F Sangaji juga memaparkan orasinya. Visi yang diusung yaitu pemberdayaan peran dan fungsi lembaga secara produktif dan transparan dengan mengutamakan sinergisitas gerakan mahasiswa yang berlandaskan pada nilai-nilai keislaman, sains dan teknologi. Misi yang dibawa untuk mewujudkan apa yang telah menjadi visinya antara lain meningkatkan eksistensi lembaga mahasiswa melalui sebuah gerakan pemberdayaan peran dan fungsi lembaga secara masif. Gerakan yang dimaksud adalah gerakan pemberdayaan dimana memaksimalkan mahasiswa-mahasiswa yang memiliki kompetensi tinggi, tetapi belum sadar untuk berorganisasi. Gerakan transparansi juga merupakan salah satu bentuk gerakan yang dimaksud caleg dengan nomor urut 4 ini. Dan Rizky berjanji akan membangun legislatif ini menjadi lebih baik lagi.

Beda halnya dengan Ahada Rhamadana, visi misi yang diusungnya dirangkum menjadi satu yaitu melanjutkan perjuangan untuk legislatif FTI agar menjadi lebih baik lagi. Stabilisasi antar lembaga juga dirasa diperlukan agar lembaga tersebut menjalankan peran dan fungsinya. Dengan pengalamannya 2 tahun duduk di lembaga eksekutif, Ahada optimis mampu membawa legislatif ini di puncak kejayaan.

Reportase bersama Alfa Nur Sabila dan Kholid Anwar

Podcast

Baca juga

Terbaru