Pembukaan PESTA 2023: Berpendidikan dengan Rasa Merdeka, Berdaya di Bumi Nusantara

Himmah Online, Kampus Terpadu – Pesona Ta’aruf (PESTA) sebagai rangkaian pengenalan kampus kepada mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia (UII) kembali dilaksanakan pada Kamis (10/08). Seluruh mahasiswa baru berkumpul di lapangan depan Fakultas Kedokteran Kampus Terpadu UII untuk melangsungkan pembukaan acara PESTA mulai pukul 7.30 hingga 9.30 pagi.

Sambutan dari Rohidin, Wakil Rektor III UII, turut meramaikan jalannya acara pembukaan PESTA. Dalam sambutan itu Rohidin mewakili rektor UII, Fathul Wahid yang berhalangan hadir karena sakit.

Rohidin mengatakan bahwa demi mencetak cendekiawan muda, para mahasiswa akan disemai melalui prinsip-prinsip kebajikan intelektual dan moralitas. “Mahasiswa UII diharapkan mampu berkontribusi melalui pemikiran, gagasan dan inovasi untuk menebarkan manfaat bagi masyarakat luas”  jelas Rohidin.

Pesta tahun ini mengusung tema “Berpendidikan dengan Rasa Merdeka Berdaya di Bumi Nusantara”  (Bestari Nuraga Maharddhika Nusantara). Rohidin berharap agar tema ini tidak hanya menjadi jargon semata. “Namun, betul-betul  terinternalisasi dan menjadi karakter pribadi mahasiswa dan mahasiswi Universitas Islam Indonesia,” harap Rohidin.

Mahasiswa UII dituntut agar terus berinovasi, berempati yang kuat serta proaktif dalam menyelesaikan permasalahan di masyarakat. Selain itu, mahasiswa UII juga harus aktif mendorong masyarakat dalam menghasilkan karya yang bertujuan menyiapkan masa depan yang gemilang. “Sebagai perwujudan visi rahmatan lil-alamin” tutur Rohidin.

Mahasiswa UII juga diharapkan untuk terus merawat nilai-nilai luhur yang ada di Nusantara dengan merawat keberagaman bangsa serta tidak lupa akan kesadaran perspektif yang mendunia. “Dan sadar akan pentingnya perspektif yang luas di tingkat dunia”, jelas Rohidin.

Sebuah pantun dibacakan untuk mengakhiri sambutan itu. “Perbanyak inovasi di era destruksi, demi menjamin kualitas pendidikan kita, mahasiswa UII penuh prestasi calon pemimpin masa depan Indonesia,” pungkas Rohidin.

Pada kesempatan yang sama sambutan juga disampaikan oleh Rule Junior, Ketua Organizing Committee (OC); Marcel Dewan, Ketua Steering Committee (SC); Muhammad Reyhan, Ketua Lembaga Eksekutif Mahasiswa (LEM) UII; serta T. Said Jihad selaku ketua Dewan perwakilan Mahasiswa (DPM) UII.

Acara diakhiri dengan proses pemindaian tangan oleh Ketua LEM, Ketua DPM, Wakil Rektor Bidang Networking dan Kewirausahaan, Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Keagamaan dan Alumni, Wakil Rektor Bidang Sumber Daya dan Pengembangan Karier, Wakil Rektor Bidang Pengembangan Akademik dan Riset, dan Wakil Rektor III UII. Proses ini sekaligus menjadi simbol peresmian pembukaan PESTA 2023.

Reporter: Himmah/Parditha Eka Putri, Magang Himmah/Giffara Fayza Muhlisa, Queena Chandra.

Editor: R. Aria Chandra Prakosa

Skip to content