Lukas Graham dan Alunan Mimpinya

Judul Lagu           : 7 Years

Penyanyi              : Lukas Graham

Album                  : Lukas Graham (Blue Album)

Dirilis                   : 18 September 2015

Genre                   : Pop

Durasi                  : 03.59

“Once I was seven years old my momma told me
Go make yourself some friends or you’ll be lonely
Once I was seven years old”

Kalimat tersebut merupakan potongan dari lagu berjudul  7 Years yang artinya “Ketika aku 7 tahun ibuku berkata padaku carilah teman atau kau kan kesepian, ketika aku 7 tahun.”

7 Years adalah lagu yang menceritakan kisah hidup seorang Lukas Graham, mulai dari saat dia masih kecil sampai beranjak dewasa dan memiliki keluarga. Lagu ini berisi curahan dari kisah hidup sang penyanyi, Lukas Graham. Lagu ini juga menceritakan tentang apa yang ingin ia capai di kehidupannya kelak.

Soon I’ll be sixty years old, will I think the world is cold. Or will I have a lot of children who can warm me?”

Penggalan lirik yang artinya “sesaat lagi ku akan berumur 60 tahun, apa ku akan merasa bahawa dunia begitu dingin. Atau akankah aku memiliki banyak anak yang bisa menghangatkanku?” Lukas mengatakan alasannya mencantukan umurnya kelak saat 60 tahun sebab ayahnya meninggal pada umur 61 tahun. Ketika ayahnya diumur sekian ia sangat sedih dan dengan berat hati ia harus mempercayai keadaan dimana ayahnya sudah tiada.

Tidak hanya itu saja, lagu ini juga menggambarkan ‘growing older’ dari kehidupan sang penyanyi. Saat Ia mulai menyadari menjadi seorang ayah adalah hal terpenting. Mimpi terbesarnya bukanlah menjadi orang tua yang menyedihkan, tetapi untuk dapat memiliki anak-anak yang berkata “aku punya ayah yang hebat dan sempurna”.

Insipirasi tentang lagu ini awalnya berasal dari kesedihan karena kematian sang ayah. Lagu yang juga didedikasikan untuk sang ayah tercinta membuat Lukas Graham bisa dibilang menjadi salah satu orang yang bisa dibilang jenius dan dengan lagu ini pula membuat mereka mendapatkan banyak sambutan positif.

Lukas Graham merupakan sebuah band pop  dari Denmark yang dibentuk akhir tahun 2011. Beranggotakan Lukas Graham (Vokalis), Mark Falgren (drum), Magnus Larsson (bass), Kasper Daugaard (keyboard). Alasan digunakannya nama sang vokalis untuk menjadi nama grup karena semua lagu yang di nyanyikan merupakan ciptaan dari Lukas. Band yang sekarang beranung dibawah label rekaman Copenhagen Record awalnya hanya meliris video dengan memainkan dua lagu mereka Criminal Mind dan Drunk In The Morning di Youtube. Video tersebut menjadi terkenal di Facebook dan mendapatkan ratusan ribu penonton. Mereka juga sukses mengelar tour konser di Denmark dengan 30.000 tiket konser, padahal mereka belum mempunyai album secara resmi.

Tahun 2015 menjadi tahun keemasan bagi Lukas Graham. Album kedua Lukas Graham (Blue Album) dengan lagu 7 years menjadi hits Internasional nomor 1 di tangga lagu Inggris, Irlandia, Australia dan New Zealand. Selain 7 years, lagu-lagu Lukas Graham yang juga terkenal seperti Mama Said, Happy Home, Strip No More, You’re Not There, Golden, dan masih banyak lagi.

Lagu ini sendiri dikemas dengan nada yang ringan dan lembut menjadikan lagu ini masuk di beberapa nominasi seperti Grammy Awards: Record of the Year (2017), Song of the Year (2017), Teen Choice Awards Choice Summer Song (2016), BBC Music Award for Song of the Year (2016), iHeartRadio Music Awards as Best Lyrics Socially Voted Category (2017), dan Best Pop Duo/Group Performance (2017). 7 years juga menjadi salah satu dari tujuh lagu yang paling laku terjual pada tahun 2016 di seluruh dunia dengan 10,4 juta unduhan.

Pembelajaran yang dapat di ambil dari makna lagu ini ialah bawah kita harus menghargai kerja keras dari orang tua kita. Kehidupan dari penulis sekaligus penyanyi lagu yang sudah merasakan kerasnya hidup serta kehilangan orang yang disayangi. Lagu ini juga dapat membuat kita untuk bisa memikirkan masa depan yang akan kita capai untuk bisa membahagiakan orang – orang disekeliling kita.

Baca juga

Terbaru