HUT Ke-76, BNI Didesak Berhenti Mendanai Perusahaan Batu Bara

Himmah Online, Yogyakarta Bertepatan dengan hari ulang tahun ke-76, PT Bank Negara Indonesia (persero) Tbk (BNI) mendapat desakan dari Fossil Free Jogja, Sasenitala, dan Extinction Rebellion untuk menghentikan pendanaan kepada perusahaan batu bara dalam aksi “Karangan Bunga untuk BNI” di depan gedung BNI Trikora, Yogyakarta, pada Selasa (05/07).

Aksi tersebut merupakan bentuk protes terhadap BNI atas pendanaan yang dikucurkan kepada perusahaan batu bara. Ucapan satire yang mengolok-ngolok pun terpampang penuh di sekeliling gedung BNI. 

“BNI adalah salah satu bank yang cukup besar dan cukup tua. Hari ini adalah ulang tahunnya yang ke-76, dan sampai sekarang pun dia, tuh, punya agenda green banking, intinya hal-hal yang berbau lingkungan, konon. Tapi, di belakang itu, dia masih mendanai energi kotor seperti batu bara,” ungkap Arami Kasih, Head of Campaigner Fossil Free Jogja.

Fossil Free, sebagai penyelenggara aksi di Yogyakarta menyesalkan langkah yang diambil BNI dalam mendukung dan mendanai perusahaan batu bara di Indonesia. Alih-alih melayani dan menjadi kebanggan negeri seperti yang selalu dibanggakan dalam slogannya, justru malah sebaliknya. 

“BNI itu kan ada slogannya, tuh, ‘BNI melayani negeri, kebanggaan bangsa’. Kalo misalnya kebanggan bangsa, nggak akan jadi kebanggaan bangsa kalo misalnya masih mendanai batu bara. Jadi, BNI melayani negeri tanpa batu bara, harus tanpa batu bara,” tambah Arami.

Uniknya, karangan bunga dan ucapan yang disampaikan pada aksi tersebut menggunakan barang bekas dan tidak terpakai, seperti kardus dan styrofoam. Sasenitala, sebagai salah satu Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari Institut Seni Indonesia (ISI) Yogyakarta memanfaatkan momen ini untuk mengembalikan limbah karangan bunga yang dikirim BNI pada saat Dies Natalis ISI Yogyakarta ke-38 pada Mei lalu. 

“Ini adalah satu-satunya yang menggunakan styrofoam dan merupakan limbah dari salah satu kampus di Jogja, sebagai ucapan selamat dari BNI, jadi ini dibalikin lagi gitu. Kita balikin limbahnya,” terangnya.

Sekitar pukul 17.30 WIB, pihak satuan pengaman BNI membersihkan karangan bunga dan ucapan selamat yang berjajar di pelataran BNI. Reporter himmahonline.id berusaha meminta tanggapan dari pihak BNI terkait hal tersebut. Namun, pihak yang bersangkutan enggan untuk memberikan tanggapan apa-apa. 

Aksi yang dilakukan Fossil Free ini tak hanya digelar di Yogyakarta saja. Kota Medan, Surabaya, Jakarta, dan Cirebon pun turut serta meramaikan dengan aksi yang beragam. Di samping itu, komunitas kampus dan peduli iklim lainnya turut andil dalam aksi ini.

Reporter: Himmah/Kemal Al Kautsar Mabruri, Farah Azizah, Eka Ayu Safitri, Nawang Wulan

Editor: Nadya Auriga D.

Skip to content