Efek Membludak Mahasiwa Baru Di Kuliah Perdana

 Maba-miba tidak mendapatkan tempat saat kuliah perdana (01/09). Kapasitas Kahar Muzakir tidak mampu menampung Jumlah mahasiswa TA 2014 yang meningkat dibanding TA 2013. (Foto oleh: Fauzi Farid M.)

Maba-miba tidak mendapatkan tempat saat kuliah perdana (01/09). Kapasitas Kahar Muzakir tidak mampu menampung Jumlah mahasiswa TA 2014 yang meningkat dibanding TA 2013. (Foto oleh: Fauzi Farid M.)

Oleh : Novita Dwi Kurniasih

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

1 September 2014 diselenggarakan Kuliah Perdana Universitas Islam Indonesia. Bertempat di Gedung Kahar Muzakir acara ini dimulai pukul 07.00 hingga 10.00 WIB. Meledaknya jumlah mahasiswa baru yang mencapai 6441 mahasiswa membuat tempat yang disediakan penuh oleh mahasiswa baru, bahkan ada mahasiswa baru yang tidak mendapatkan tempat duduk. Arief Rahman selaku ketua panitia kuliah perdana mengatakan telah menyediakan jumlah kursi yang hampir sama dengan jumlah mahasiswa. “Namun saya juga tidak tahu mengapa masih banyak mahasiswa yang belum mendapatkan kursi. Padahal semalam panitia sudah melembur menyiapkan semuanya,” tutur Arief. Beliau juga mohon maaf kepada mahasiswa baru yang tidak mendapat tempat duduk. Menyikapi banyaknya mahasiswa baru yang tidak mendapat tempat duduk saat kuliah perdana Arief mengatakan akan memperbaiki kondisi seperti ini di kuliah perdana tahun depan dengan cara menambahkan jumlah kursi.

Arief Rahman menambahkan terkait kehadiran kuliah perdana sebenarnya tidak ada aturan yang mewajibkan mahasiswa baru untuk hadir. “Karena setelah acara kuliah perdana ada pengumuman untuk persiapan PESTA dan ospek fakultas, maka mahasiswa baru banyak juga yang hadir meski tidak diwajibkan”tambah Arief.

Paquita Bela Spreadika, mahasiswa baru jurusan Akuntansi mengatakan bahwa kuliah perdana ini tidak efektif. “ Menurut saya kuliah perdana ini tidak efektif karena saya tidak bisa mendengar apapun” ujar Paquita. La Ode Muhammad Fadrl Al Falah, mahasiswa baru jurusan Ilmu Hukum berharap di kuliah perdana selanjutnya supaya ditambah kursi agar kuliah perdana berjalan nyaman dan efektif.

Podcast

Baca juga

Terbaru