ELS Sebagai Bekal Peserta Magang LEM FMIPA

Oleh: M. Nasihun Ulwan

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

Minggu (1/12), Lembaga Eksekutif Mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (LEM FMIPA) Universitas Islam Indonesia kembali menggelar Excellent Leader School (ELS). Kegiatan tersebut merupakan program kerja Divisi PSDM LEM FMIPA yang rutin digelar sebanyak dua kali di setiap periode kepengurusan.

Zamzam Mumtaz selaku ketua panita ELS menjelaskan, kegiatan ini untuk mendidik kader-kader muda agar menjadi orang yang kritis dalam menghadapi masalah, menjadi pemimpin yang Islami, berakhlak baik, serta menjadi inspirasi bagi generasi muda dan masyarakat umum.

Kegiatan yang mengusung tema “Menjadi Pemimpin Berkarakter Islam yang Menginspirasi” tersebut mendatangkan 3 pembicara dengan masing-masing materi yang dibawakannya, yaitu Lutfi Chabib (public speaking), Sigit Nursyam (kepemimpinan yang berkarakter Islam), dan Agus Fadilla Sandi (pemimpin yang menginspirasi).

Kegiatan tersebut menjadi wadah mahasiswa untuk menuangkan ide mereka terhadap suatu permasalahan, baik lingkup internal ataupun eksternal UII. “Diakhir acara nanti akan diadakan Forum Group Discussion (FGD) tentang penyadapan Australia terhadap pemerintah Indonesia. Peserta akan dibagi menjadi beberapa kelompok peran, antara lain pemerintah Indonesia, pemerintah Australia, hacker Indonesia, hacker Australia, serta masyarakat umum,” lanjut Zamzam.

Ketua Departemen PSDM LEM FMIPA, Jatmika Rahmawati Yuwana, menuturkan, antusiasme mahasiswa FMIPA dalam mengikuti kegiatan semacam ini tergolong baik. Target peserta kegiatan juga sudah mencapai 100 orang. “Follow up kegiatan ini sebenarnya untuk persiapan magang LEM FMIPA UII. Sebelum proses magang dimulai, mahasiswa sudah dibekali ilmu tentang kepemimpinan,” jelas Jatmika.

Harpan Juhari, salah satu peserta ELS dari jurusan farmasi 2012 merespon baik acara tersebut. “Kegiatan ini akan sangat bermanfaat untuk kedepannya dan dapat memotivasi mahasiswa untuk berkarya dan berprestasi.”

Skip to content