Ilmu Kimia FMIPA UII menjadi Tuan Rumah ICICS 2013

 

Prodi Kimia FMIPA UII kembali menggelar ICICS, Selasa (22/10). Kali ini ICICS mengusung tema Research in Chemistry for Better Quality of Environmental. Acara ini digelar sebagai forum peneliti untuk bertukar ilmu pengetahuan. (Foto oleh: Revangga Twin T.)

Prodi Kimia FMIPA UII kembali menggelar ICICS, Selasa (22/10). Kali ini ICICS mengusung tema Research in Chemistry for Better Quality of Environmental. Acara ini digelar sebagai forum peneliti untuk bertukar ilmu pengetahuan. (Foto oleh: Revangga Twin T.)

 

Oleh: Anisa Kusuma W.

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

Jurusan Ilmu Kimia Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) Universitas Islam Indonesia dipercaya kembali untuk melaksanakan acara Internasional Conference of The Indonesia Chemical Society (ICICS) 2013 setelah lima tahun lalu menyelenggarakan kegiatan yang sama. Acara yang berlangsung dari tanggal 20-26 Oktober 2013 ini mengusung tema “Research in Chemistry for Better Quality of Environmental”. Selain pemateri dari Indonesia, profesor dari universitas luar negeri, bekerja sama dengan Himpunan Kimia Indonesia (HKI), seperti : Australia, Jepang, Malaysia, dan Arab Saudi juga turut diundang untuk memberikan materi di seminar internasional. Sebanyak 250 mahasiswa pun memenuhi acara tersebut.

Tujuan terselenggaranya acara ini ialah sebagai penyedia forum bagi para peneliti untuk bertukar ilmu pengetahuan, khususnya di bidang kimia dan pendidikan kimia. “Seminar ini kaya’ acara festival tahunan yang dilaksanakan oleh HKI untuk silaturahmi orang-orang kimia, mulai dari mahasiswa, dosen, guru SMA, balai-balai yang ada hubungannya dengan kimia, seperti : Batan, BPPTK, balai tanaman obat. Seluruh Indonesia kami undang,” papar Cecep Sa’bana Rahmatillah selaku Sekretaris Organizing Committee ICICS 2013 yang ditemui hari Minggu (20/10) kemarin. Selain itu, ICICS juga bekerja sama dengan American Chemical Society (ACS) yang berperan dalam publikasi jurnal. Rencananya, dari sekian banyak pemakalah akan diambil 60 terbaik untuk dapat dipublikasikan di ACS tersebut.

Rangkaian acara ini diantaranya workshop, seminar internasional, pemakalah, tour ke gunung merapi dan Dieng, Forum Ketua Jurusan Kimia Indonesia, serta presenter mahasiswa. “Konsep ICICS tahun ini hampir sama dengan konsep ICICS tahun kemarin yang dilaksanakan di Universitas Brawijaya. Hanya saja pada tahun ini lebih pada peningkatan fasilitas, baik akomodasi maupun pelayanan,” ujar Cecep.

Ketua Organizing Committee ICICS 2013 Riyanto mempunyai harapan tersendiri untuk acara ini. “Semoga kimia semakin maju, membawa dampak terhadap kemajuan bangsa dan negara kita. Negara yang maju kan kimianya maju,” harap Riyanto yang juga ditemui pada hari Minggu (20/10) kemarin.

“Saya bangga sebagai mahasiswa kimia, khususnya mahasiswa UII yang terlibat dalam acara sebesar ini karena ini jarang-jarang terjadi,” ungkap Zulfa Zuhrufa yang ditugaskan untuk mendata peserta seminar dari mahasiswa seluruh Indonesia.

Baca juga

Terbaru