Kuliah Perdana, Almamater Baru Dikenakan

HIMMAH ONLINE, Kampus Terpadu – Berbeda dari tahun sebelumnya, pada tahun ini mahasiswa/i baru Universitas Islam Indonesia (maba-miba UII) sudah dapat menggunakan jas almamater pada saat kuliah perdana (kuper) berlangsung. Jika sebelumnya pihak Dewan Permusyawaratan Mahasiswa Universitas (DPM U), berperan sebagai pihak yang bertanggung jawab terhadap pengadaan jas almamater dan kemudian mendistribusikannya kepada Dewan Perwakilan Mahasiswa Fakultas (DPM F) untuk dibagikan ke tiap maba-miba di fakultasnya masing-masing, maka kini DPM UII bekerja sama dengan pihak rektorat untuk membantu mendistribusikan jas almamater tersebut langsung ke maba-miba saat mereka melakukan registrasi akhir.

Muhammad Faris Fajri, Ketua Komisi IV DPM U periode 2014/2015 mengatakan bahwa pihak DPM U memang sengaja bekerja sama dengan pihak rektorat dalam pendistribusian jas almamater tersebut. Karena selain maba-miba dapat langsung menggunakannya pada saat kuliah perdana, Pesona Ta’aruf (Pesta), dan Ospek Fakultas, juga untuk menghindari terjadinya penumpukan jas almamater dalam skala besar. Seperti yang terjadi pada tahun-tahun sebelumnya.

Walaupun sedikit lebih repot karena juga harus mengurus pendistribusian jas almamater, namun Faris mengatakan bahwa pihak rektorat tidak mempermasalahkan hal tersebut. “Justru pihak rektorat sangat mendukung gagasan dari DPM. Rektorat dan DPM satu frame bahwa mahasiswa harus mendapatkan atribut jas ketika registrasi akhir.” ungkap Faris.

Namun, saat kuliah perdana dimulai, terdapat beberapa maba yang tidak mengenakan jas almamater. Hal ini terjadi karena mereka belum mendapatkannya. Salah satunya adalah Muhammad Ichsan Pratama Wicaksono. Dia mengatakan belum mendapatkan jas almamater karena belum mendapatkannya. “Belum dapet mba saya, abis.” ucap Pratama, mahasiswa baru jurusan Ilmu Ekonomi.

Terkait hal ini, Faris mengatakan bahwa sebenarnya DPM UII telah mendistribusikan seluruh jas almamater yang ada. “Sudah semua, akan tetapi karena lagi lagi jumlah mahasiswa bertambah maka DPM harus menambah order jas almamater.” papar Faris. Dia mengatakan bahwa saat ini DPM UII sedang melakukan tahap invoice kepada vendor. Nantinya pendistribusian akan tetap dilakukan lewat rektorat pada bulan September 2015. (Nurcholis Ainul R. T.)

Skip to content