Resmi Dibuka, Mahasiswa Baru Berpesta

HIMMAH ONLINE, Kampus Terpadu – Pesona Taaruf (Pesta) mahasiswa baru Universitas Islam Indonesia (UII) 2016 resmi dibuka pada tanggal 15 Agustus 2016. Sebelumnya pada tanggal 14 Agustus diadakan Pra Pesta yang diagendakan untuk persiapan Pesta seperti pembuatan co card peserta.

Seperti tahun sebelumnya pembukaan Pesta dilakukan di depan gedung Fakutas Kedokteran (FK) UII. Acara yang dipandu oleh dua orang pembawa acara ini dimulai sejak pukul 07.00 WIB. Sebagai sambutan awal, Muhammad Rizqi selaku ketua Organizing Committee (OC) menjelaskan bahwa mahasiswa tidak hanya bicara tentang berubahnya atribut seragam ataupun berubahnya jam belajar, juga bukan tentang bertambahnya kebebasan. “Mahasiswa adalah agent of change, social control dan iron stock,” tegas Rizqi.

Untuk pertama kalinya Pesta tidak dihadiri oleh ketua Dewan Permusyawaratan Mahasiswa (DPM U) dikarenakan belum adanya struktur yang jelas dalam tubuh DPM U. Maka sambutan pembukaan Pesta ini diberikan kepada Presidium Sidang Umum XXXVII Indra Putra. Dalam sambutannya Indra menjelaskan bahwa UII adalah kampus pertama di Indonesia yang didirikan oleh pribumi. Ia menambahkan, bahwa di kampus UII nilai yang   dijunjung tinggi yaitu nilai saling menghargai pluralisme. “Kita disini tidak mengeksklusifkan ras atau suku tertentu, kita tidak mengeksklusifkan kelompok tertentu, kita sama rata sama tinggi,” jelas Indra. Ia juga menjelaskan bahwa tiap mahasiswa Indonesia memiliki beban di kedua pundaknya. Mereka terbebani dengan harapan yang diberikan oleh keluarganya dan juga harapan yang diberikan masyarakat Indonesia agar mampu memperbaiki kondisi bangsa serta meningkatkan martabat bangsa.

Selanjutnya selaku rektor UII, Harsoyo menyapa maba dalam sambutannya. “Selamat datang di kampus perjuangan dan kampus yang bercirikan keislaman,” ungkapnya. Harsoyo menjelaskan bahwa UII merupakan kampus perjuangan yang dilahirkan dan didirikan oleh para pendiri bangsa, yang berpartisipasi dalam mencerdaskan kehidupan bangsa.

Ia pun menambahkan, “UII bertujuan untuk memiliki putra-putra bangsa, cendikiawan dan pemimpin-pemimpin bangsa yang ber-akhlaqul karimah.” Ia juga menjelaskan bahwa sebagai green campus, kini UII menjadi kawasan bebas rokok. Mahasiswa dan civitas akademika UII dilarang merokok di kawasan kampus.

Sebagai simbol peresmian pembukaan Pesta 2016, Harsoyo memukul gong yang sudah disediakan panitia dan pelepasan burung merpati. Selanjutnya Wakil Rektor III Abdul Jamil juga wali jamaah yang dipandu oleh pembawa acara bersama-sama menerbangkan balon yang sudah dipersiapkan sebelumnya. Acara ini ditutup dengan pembacaan doa. (Haninda Lutfiana U.)

Baca juga

Terbaru