Rudy Syah Putra: Penguatan Internasionalisasi UII Menuju 100 Tahun Milad

Oleh: Adilia Tri Hidayati

Kampus Terpadu, HIMMAH ONLINE

Pergiliran kepemimpinan rektor Universitas Islam Indonesia (UII) akan segera berlangsung dengan diawali pemilihan bakal calon rektor pada 8 Januari mendatang. Salah satu bakal calon adalah  Rudy Syah Putra, S.Si., M.Si., Ph. D. dari Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA) UII. Selain menjadi Dosen jurusan Ilmu Kimia, Rudy juga menjabat sebagai Kepala Laboratorium Riset Kimia.

Terkait motivasi pencalonan, Rudy yang ditemui pada Jum’at (03/01) memaparkan bahwa yang mendorongnya adalah sebuah pemikiran sederhana. “Ketika universitas merayakan ulang tahun, maka apa yang harus kita perlihatkan kepada yang hadir? Sebuah kematangan, tentunya. Tercapainya kebijakan mutu UII untuk menjadi universitas yang dikenal pendidikan dan penelitiannya di level ASEAN” ujarnya.

Rudy juga menambahkan visi yang ingin dicapain yakni membuat UII yang modern dan internasional tanpa melupakan nilai-nilai keislamian dengan program kerja sebagai berikut; mengubah UII menjadi global brand, pengadaan high impact research dengan penyempurnaan program riset menuju UII sebagai World Class University, transfer ilmu pengetahuan berupa paten maupun kerja sama penelitian dengan pengoptimalan kerja KAUNI (Kantor Aliansi Universitas dan Industri) dalam menjembatani hasil riset dosen, peningkatan kualitas edukasi secara keseluruhan, serta diversifikasi pendapatan.

“UII sendiri sudah memiliki sarana dan prasarana memadai, tinggal ditingkatkan lebih lanjut melalui beragam upaya proses internasionalisasi agar jangan sampai di perayaan milad UII ke 100 nanti, yang dibicarakan hanya berkisar seputar gedung atau pembangunan fisik lain” tuturnya.

Menanggapi lebih lanjut, pria yang sempat menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Kimia Gajah Mada tersebut mengungkapkan kesiapannya membagi ide-ide soal pengembangan UII kepada siapa pun pemenang pemilihan nanti. “Apabila tertarik, kenapa tidak? Ini bukan ide yang harus dilindungi hak ciptanya,” tambah Rudy.

Podcast

Baca juga

Terbaru